Sumenep | Sigap88 – Ketua Brigade 571 Trisula Macan Putih Wilayah Madura Syarkawi turut menyoroti terjadinya penyelundupan pupuk bersubsidi jenis Urea dan Ponska di kabupaten ujung timur Madura (Sumenep).

Menurut Syarkawi tugas dan fungsi Komisi pengawasan pupuk dan pestisida (KP3) mengenai pendistribusian pupuk kepada petani sudah jelas.

“Saya menganggap tugas dan fungsi KP3 Mandul, kalau tugas dan fungsinya benar benar di jalankan tidak akan terjadi penyelundupan,” kata Syarkawi. Selasa (21/03).

Baca Juga  Plt Bupati Sumenep Ajak Maknai Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Simbol Pemersatu Bangsa

Dirinya menyampaikan, mekanisme pendistribusian pupuk sudah jelas mulai dari tingkat Distributor ke kios dan sampai ke kelompok.

Tugas KP3 kata dia, melakukan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penyimpanan serta penggunaan pupuk dan pestisida dikabupaten Sumenep ini.

Advertisement

Ironisnya, selama ini masih banyak petani mengeluh dengan kelangkaan pupuk. “Saya menduga ada kongkalikong dalam penyelundupan pupuk bersubsidi,” paparnya.

Baca Juga  Darurat Stroke, Puskesmas Pagerungan Besar berencana Gelar Olahraga bersama setiap Jumat

“Pupuk bersubsidi 18 ton yang akan di selundupkan bukan jumlah sedikit, petani berteriak tentang kelangkaan pupuk, justru pupuk yang ada hendak di selundupkan,” geramnya.

Pihak penegak hukum harus mengusut tuntas tentang kasus ini. “Kami menduga bukan hanya inisial W saja yang terlibat penyelundupan pupuk bersubsidi, tapi saya punya keyakinan ada orang lain dalam penyelundupan tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga  Pertama Dalam Sejarah, Plt Bupati Sumenep Dijabat Perempuan

“Polres Sumenep harus bertindak cepat dalam mengusut kasus penyelundupan pupuk bersubsidi, sampai kepada akar akarnya,” pungkas Syarkawi.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE