2 Hewan Endemik Sumenep Hiasi Taman Bunga

PewartaRoby Tri

Sumenep | Sigap88 – Taman Bunga kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, kini dipercantik dengan adanya patung dua hewan endemik (Hewan hampir punah ).Hewan tersebut adalah burung kakak tua jambul kuning yang keberadaanya di kepulauan Masakambing, Kecamatan Masalembu dan yang kedua adalah kucing Busok yang keberadaanya di kepulauan Ra’as, Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep.

“Kedua hewan tersebut saat ini hampir punah, burung Kakak Tua jambul kuning adanya hanya hitungan jari saja,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Arif Susanto. Senin (26/12).

Baca Juga  Ketua KPU Sumenep Lantik 1002 PPS

Arif menyebutkan, Kucing Busok yang ada di Kecamatan Ra’as kini hampir punah pula.Maka dari itu, untuk lebih meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat bahwa hewan endemik, pemerintah daerah membuat miniatur dua hewan endemik tersebut.

“Ini bentuk pemberitahuan Pemerintah kepada masyarakat bahwa di Kabupaten Sumenep ada dua hewan yang saat ini endemik dan perlu di lestarikan,” jelasnya

Sejatinya kata Arif, di Kabupaten Sumenep ada empat hewan yang saat ini endemik, seperti yang saat ini dua hewan tersebut menghiasi Taman Bunga Kabupaten Sumenep.

Baca Juga  Direktur PD. Sumekar Komitmen Berikan PAD Kepada Pemkab Sumenep

“Empat hewan yang saat ini endemik adalah, Burung Kakak Tua Jambul Kuning, Kucing Busok, Ayam Bekisar yang ada di Kepulauan Kangean dan burung Maleo yang ada di Pulau Saobi, Kecamatan Kangayan Kabupaten setempat,” ungkapnya.

Mantan Camat Rubaru ini menjelaskan, Miniatur dua hewan endemik tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 99.000.700. dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumenep.

“Miniatur hewan endemik tersebut dirancang dengan memakai sistem moderen, yaitu ditem WiFi, jadi bisa di tonton melalui hp untuk mainan lampunya,” jelasnya.

Baca Juga  Ketua KPU Pamekasan Ambil Sumpah dan Janji Anggota PPS

Nantinya, di tahun 2023, ada program KEE (Komunitas Ekonomi Esensial) dikepulauan masa Kambing (Masalembu). dengan pembuatan rumah Kakak Tua Jambul Kuning yang sekaligus menanam pohon kelapa dan pohon Randu (Kapas).

“Pembuatan rumah dan penanaman pohon kelapa serta pohon randu, guna pelestarian dan memberikan perlindungan kepada hewan tersebut,” ujarnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Quotes Hikmah

"Tatap hari penuh syukur, yaqin pada Allah & ikhlas, karena di depan ada harapan yang tiada tara. Dan puncak harapan, adalah Allah itu sendiri." (DR. KHM. Luqman Hakim)

"Sebesar-besar aib (keburukan) adalah kamu mengira keburukan orang lain sedangkan keburukan itu terdapat dalam diri kamu sendiri." (Imam Syafi'i)

“Siapa saja yang di akhir perkataannya adalah kalimat Lailahaillah, maka ia berhak masuk surga.”

Pesan Makmia

"Hormatilah keinginan serta temani istri dan anak-anakmu. Karena mereka adalah insan yang paling punya hak atas kebaikanmu."

“Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img