Kodim 0827 Sumenep bersama Instansi Terkait Bersihkan Sungai

Memasuki Musim Hujan

152

SUMENEP | SIGAP88 – Memasuki musim penghujan Kodim 0827 Sumenep, Madura bersama personil dan ratusan orang dari instansi terkait serta masyarakat sekitar melakukan kerja bakti membersihkan sungai dan saluran air dari sampah .

Hal itu dalam upaya mencegah terjadinya banjir dan sarang nyamuk Aedes Aegypti selama musim penghujan.

Unsur yang terlibat anggota Kodim 0827/Sumenep, DLH Kabupaten Sumenep, DPU Kabupaten Sumenep, Satpol PP, Polres Sumenep, BPBD, berlangsung di Desa Marengan Daya, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Kamis (7/12)

Advertisement

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mengatakan karya bakti ini sebagai upaya mencegah terjadinya banjir karena tersumbat sampah.

Baca Juga  Babinsa Koramil Pamekasan Dampingi Evakuasi ODGJ

“Kami kerahkan anggota bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat untuk fokus mengurangi bencana banjir. Utamanya dengan membersihkan sampah di sungai agar aliran air lancar,” kata Donny Pramudya.

Menurutnya, di musim hujan saat ini, nyamuk semakin mudah menemukan genangan air yang menjadi tempat ideal bagi mereka untuk bertelur dan memperbanyak populasinya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan seperti dan menjaga agar nyamuk tidak menemukan tempat untuk berkembang biak.

“Hal ini perlu diwaspadai, karena nyamuk adalah serangga pembawa beragam penyakit mematikan, salah satunya demam berdarah,” paparnya

Baca Juga  Festival Jaran Serek : Ini Respon Ketua DPRD Sumenep

Sementara, Erin selaku koordinator sungai Marengan dari DPUTR Kabupaten Sumenep mengatakan pembersihan sungai tersebut diharapakan tidak terjadi banjir dan sarang nyamuk.

“Saya berharap agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai yang menjadi salah satu penyebab banjir,” harapnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat sekitar badan sungai agar tidak membuat bangunan liar yang menyebabkan penyempitan aliran sungai sehingga berpotensi banjir.

Budi Haryono, salah satu masyarakat Marengan Daya mengungkapkan bahwa sampah menjadi faktor utama penyebab banjir ketika musim hujan saat air sungai meluap.

Baca Juga  Camat Rubaru Dukung Desa Maju menjadi Desa Mandiri

“Ini yang di tunggu-tunggu warga Marengan Daya, artinya kegiatan ini dalam rangka menjaga kebersihan, dan ini sangat berarti sekali,” jelasnya

Budi berharap kegiatan bersih-bersih sungai kedepannya tetap di adakan mengingat musim hujan masih berlanjut.

“Dengan semua upaya kerja keras TNI yang dilakukan hari ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat kepada warga Desa Marengan Daya,” pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE