Dorong Wisata Oksigen Gili Iyang, Dinkes Sumenep Siapkan Pustu Representatif

PewartaKusnadi

Sumenep | SIGAP88 – Kabupaten Sumenep yang terletak di kepulauan ujung timur Madura mempunyai beraneka ragam destinasi wisata unggulan yang salah satunya destinasi wisata kesehatan Gili Iyang.

Destinasi wisata kesehatan Gili Iyang merupakan tempat yang mengandung CO2 terbaik dunia ke 2 setelah Yordania.

Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur di tahun 2023 memiliki beberapa desa wisata yang menjadi prioritas diantaranya Kasur Pasir di Desa Legung Timur, wisata kesehatan di pulau Gili Iyang, Desa Semaan, Masalembu dengan burung Kakak tua jambul kuning dan Pulau Ra’as dengan Kucing Busoknya.

Baca Juga  Lapas Pamekasan Gandeng IAIN dan UNIRA, Tingkatkan Pembinaan Terhadap WBP

Agus Mulyono, MHC selaku Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) menyampaikan, bahwa di setiap destinasi wisata yang ada di manapun tentunya Dinas Kesehatan tetap diperlukan

“Destinasi wisata ini harus bersih, bebas dari penyakit berbahaya,” katanya, Jumat (20/01/2023).

Agus juga menjelaskan, untuk mewujudkan destinasi wisata Gili Iyang yang representatif perlu kerjasama dengan berbagai stakeholder, agar destinasi wisata ini diminati oleh para wisatawan.

“Yang perlu diperhatikan adalah sektor kebersihan dan lingkungan sekitar bebas dari penyakit menular seperti TBC, kusta dan penyakit yang lain, agar para wisatawan merasa aman dan tidak khawatir tentang penularan penyakit,” papar Agus.

Baca Juga  Ketua Komisi III DPRD Sumenep Dorong APH dan Pemkab Selesaikan Kasus Gedung Dinkes

Lanjut Agus, dalam rangka memberikan pelayanan terhadap para wisatawan, pihaknya akan menyiapkan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang lebih representatif di destinasi wisata oksigen Gili Iyang.

“Pustu representatif tersebut dengan dilengkapi tenaga kesehatan yang cukup dan peralatan untuk penanganan segera yang memadai dan memberikan respon cepat dalam bantuan kedaruratan,” terang Agus.

Dengan begitu, diharapkan destinasi kesehatan Gili Iyang bisa dinikmati bagi setiap pengunjung wisata baik lokal maupun mancanegara

Baca Juga  Deteksi Dini, Lapas Pamekasan Gandeng TNI - Polri Razia Kamar Hunian WBP

“Kami tetap dorong destinasi kesehatan ini untuk lebih baik lagi demi meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Gili Iyang dan sudah ada sepeda gunung 5 unit yang siap dipergunakan oleh para wisatawan untuk keliling pulau Gili Iyang untuk menikmati oksigen yang bagus dan menikmati panorama di Gili Iyang,” pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Quotes Hikmah

"Tatap hari penuh syukur, yaqin pada Allah & ikhlas, karena di depan ada harapan yang tiada tara. Dan puncak harapan, adalah Allah itu sendiri." (DR. KHM. Luqman Hakim)

"Sebesar-besar aib (keburukan) adalah kamu mengira keburukan orang lain sedangkan keburukan itu terdapat dalam diri kamu sendiri." (Imam Syafi'i)

“Siapa saja yang di akhir perkataannya adalah kalimat Lailahaillah, maka ia berhak masuk surga.”

Pesan Makmia

"Hormatilah keinginan serta temani istri dan anak-anakmu. Karena mereka adalah insan yang paling punya hak atas kebaikanmu."

“Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img