KEDIRI KOTA | SIGAP88 – Sat Binmas Polres Kediri Kota gencar Sosialisasikan Program Polisi RW kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Tak luput Desa Wonoasri, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, disasar juga pada Sabtu (27/5/2023).

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kasatbinmas Polres Kediri Kota Iptu Darwati, bersama para Panit dan Kanit Binmas Polsek Grogol dihadiri oleh 3 (tiga) pilar Desa Wonoasri, Ketua BPD Desa Wonoasri, seluruh ketua RT dan RW.

Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, melalui Kasat Binmas Iptu Darwati, mengucapkan trimakasih atas waktu yang diberikan untuk mensosialisasikan Polisi RW. Peran Bhabinkamtibmas yang selama ini dianggap berhasil maka ditingkatkan lagi dan ditambah tugas Kepolisian yaitu Polisi RW (Rukun Warga) yaitu menempatkan anggota Polisi di wilayah RW.

Baca Juga  Kodim 0809 Kediri Gelar TMMD Ke-122 di Desa Pagung

“Kehadiran Polisi RW di tengah masyarakat dengan harapan bisa meningkatkan dan lebih dekat dengan masyarakat dalam mendeteksi segala permasalahan dan mencari penyelesaian terbaik, Polisi RW diharapkan responsible terhadap pengaduan masyarakat dan sebagai Problem Solving,” tuturnya.

Lanjut Darwati, banyak hal-hal kecil sekarang menjadi masalah viral seperti permasalahan pagar saja sekarang ini menjadi masalah di masyarakat. Kemudian adanya juga permasalahan agama, masalah pohon. Permasalahan-permasalahan tersebut adalah masalah sosial yang bisa ditarik ke ranah pidana.

Advertisement
Baca Juga  Dandim 0809 Kediri Bagikan Sembako pada Masyarakat Penyandang Disabilitas

“Sebenarnya permasalahan-permasalahan tersebut harusnya bisa diselesaikan dari tingkat terbawah RT/RW,” ucapnya.

Polisi RW dimohon agar aktif membina warga RWnya dan mengaktifkan kembali fungsi keamanan swakarsa yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

“Polisi RW merupakan wujud integralisasi semua fungsi Kepolisian,” katanya.

Kasat Binmas juga berharap, kehadiran Polisi RW tentunya dapat mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di lingkungan RW dengan cepat serta memberikan sebuah solusi terbaik dalam pemecahannya.

Baca Juga  Aster Kasad Tinjau Kegiatan TMMD ke-122 di Desa Pagung Kediri

“Termasuk menampung segala keluhan masyarakat terhadap pelayanan Polri sehingga Polri kedepan semakin baik dalam menjalankan tugas pokoknya yaitu melindungi mengayomi dan melayani masyarakat, menegakkan hukum dan memelihara Kamtibmas,” tutup Darwati. (Hum)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE