Sumenep | Sigap88 – Puskesmas Nonggunung Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan sosialisasi tentang Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang terlaksana di pendopo balai desa Sokarami Paseser, Kecamatan setempat. Kamis (16/02).

Hadir dalam sosialisasi tersebut dr Ami Bidan Kordinator dr Hidayawati dan Nakes Puskesmas Nonggunung serta Sekretaris Kecamatan Nonggunung Hidayat, para perangkat desa Sokarame Paseser.

Kepala Puskesmas Nonggunong melalui dr Hidayawati menyampaikan sosialisasi MMD merupakan tindak lanjut dari sosialisasi teknis, pelaksanaan survey mawas diri (SMD).

Tujuan Musyawarah Desa kata dr Hidayawati, masyarakat dapat mengenal masalah kesehatan diwilayahnya, masyarakat sepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga dan poskesdes.

Baca Juga  Babinsa Desa Pademawu Barat bersama PPL Sosialisasikan Pertanian kepada Warga

“Masyarakat dapat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan dan melaksanakan desa siaga dan poskesdes,” jelasnya.

Advertisement

Dari hasil survei mawas diri yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu pada masyarakat desa Sokarame Paseser, kepemilikan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)atau BPJS masih rendah dan rendahnya penderita TB yang berobat teratur

“Masyarakat harus paham tentang pentingnya berobat dan tatacara mengkonsumsi obat yang benar,” ujarnya.

Baca Juga  Babinsa Koramil 0826-03 Proppo Bantu Salurkan Air Bersih Penuhi Kebutuhan Warga Desa Campor

Dia menyebutkan bahwa penderita hipertensi di desa Sokarame Paseser kurang perhatian untuk berobat secara teratur

“Pada intinya pihak perangkat desa Sokarame Paseser turut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keikutsertaan BPJS,” jelasnya.

Apalagi kata dia, pemerintah saat ini menggelontorkan dana besar untuk membantu kesehatan masyarakat yang dinamakan program UHC.

“Untuk mendapatkan program UHC harus disesuaikan dengan NIK, ayo pergunakan kesempatan ini untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah melalui program UHC,” pungkasnya

Camat Nonggunong Sukaryo yang di wakili oleh sekretaris Kecamatan Nonggunong Hidayat menyampaikan, suksesnya suatu program dan pekerjaan dikarenakan kebersamaan.

Baca Juga  Koramil 0826-10 Waru bersama BPBD Pamekasan Salurkan Bantuan Air Bersih di Dusun Matabe

Sehingga sangat diperlukan semua perangkat desa dan tokoh masyarakat desa Sokarame Paseser bahu membahu memberikan edukasi kepada masyarakat agar rutin memeriksakan kesehatannya.

“Upaya pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dimanfaatkan dengan baik, dengan mengikuti semua persyaratan yang berlaku seperti keikutsertaan BPJS,” ungkapnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE