Wakil Gubernur Jatim Buka East Java Fashion Harmoni

249
Pembukaan EJFH 2023 di Amphitheater Taman Candra Wilwatikta, Pandaan Kabupaten Pasuruan, Jumat malam ( 3/11/2023), oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak.
Light Dark Dark Light

PASURUAN | SIGAP88 – Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, secara resmi membuka East Java Fashion Harmoni (EJFH) ke 5 tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Parawisiata Provinsi Jawa Timur di Amphitheater Taman Candra Wilwatikta, Pandaan Kabupaten Pasuruan, Jumat ( 3/11/2023) malam.

Emil mengatakan, EJFH ini konsepnya memilih kain-kain eksotik, karya-karya yang dihasilkan oleh pengrajin – pengrajin Indonesia. Warisan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain yang mempunyai nilai.

Advertisement

“Warisan kain batik tenun Indonesia di Jawa Timur yang tidak ternilai dan sudah diakui oleh UNESCO. Warisan budaya tak benda tapi bentuknya adalah seni ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bagaimana membuat atau sengkuyu bersama-sama agar warisan budaya yang kita miliki ini benar-benar bisa melejit, “ kata Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga menyampaikan bahwa desainer – desainer yang digendeng dalam acara ini sudah biasa mengerjakan berbagai macam karya dan memberikan contoh salah satu model batik yang dipakai oleh Konjen Australia, yaitu model hoody. Wagub Emil pun meminta Konjen Australia Fiona Hoggart untuk berdiri dan berbalik mengahadap penonton untuk menunjukkan baju yang saat itu dipakainya dan disambut tepuk tangan penonton.

Baca Juga  Update Hari ini : Perolehan Suara Pilpres 2024 Masuk ke Bakesbangpol Sumenep

“Makanya di dalam konsep East Java Fashion Harmony ini yang kita gandeng adalah desainer – desainer yang memang sudah biasa mengerjakan berbagai macam karya. Karya-karya itu bisa dimodifikasi menjadi beragam modelyang keren, seperti model baju yang dipakai oleh ibu Konjen Australia Fiona Hoggart, pakai batik yang dimodifikasi dan penampilannya keren,“ kata suami Arumi Bachsin ini

“Malam hari ini mari kita sama-sama kita nikmati penampilan dari para model profesional yang dikemas dengan fahion show. Mudah-mudahan setiap dari kita pulang dari acara ini dengan kebanggaan. Silakan difoto, direkam, dan di viralkan agar saentero Indonesia. Bahkan lebih luas lagi sampai keluar Indonesia tahu bagaimana kemegahan dari karya-karya batik tenun dan wastra yang ada di Jawa Timur bumi Majapahit yang kita cintai ini, sukses selalu untuk para pengrajin Indonesia Jawa Timur, “papar Emil.

Baca Juga  Gubernur Jatim Resmikan SPAM Singosari

EJFH Tahun 2023 mengangkat tema “ Raswa Anindya Lantih Lan Batik Jawi Wetan” yang artinya Rahasia Kecantikan Tenun dan Batik Jawa Timur. Tema tersebut diangkat terinspirasi dari tiga tokoh perempuan yang berpengaruh besar di era Majapahit, yakni Gayatri, Tribhuawana Tunggadewe dan Dyah Suhita.

EJFH Tahun 2023 juga merupakan implementasi Nawa Bhakti Satya Gubernur Jawa Timur, yakni Jatim Harmoni. Menghadirkan lima desainer terpilih yang telah lulus uji kompetensi dan sertifikasi profesi dari Kemenparekraf, yaitu Enrico Ho dan Indarti serta Olivia Gondoputranto dari Surabaya, Chrisna Christiana dari Nganjuk, Amuszacky Fahim dari Banyuwangi dengan guest desainer Elfa Fauqo dan Arinda Nurma dari Surabaya dan Ivan Gunawan dari Jakarta. Para desainer ini berkolaborasi bersama 12 perajin wastra terpilih yang menampilkan produk lokal Jawa Timur yang diperagakan empat puluh model, diantaranya berasal dari top model Jatim, Raka Raki Jawa Timur dan dua model Jakarta.

Baca Juga  Imigrasi Kelas II Non TPI Pamekasan Layani Paspor di Seluruh Kabupaten wilayah Madura

Para desainer, Koreografer Agung Soedir Poetra, dan Show Director, Alben Ayub Andal di EJFH 2023 ini juga mendapatkan apresiasi atau penghargaan dan event EJFH ditutup dengan penampilan penyanyi Evie Tamala dari Jakarta

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE