Sumber Belerang Desa Kaduarah Timur Tempat Pemandian Putri Kuning

PewartaAiniyah

Sumenep | Sigap88 – Destinasi Sumber Belerang di Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menurut tutur sesepuh di Desa Kaduarah Timur dulunya merupakan tempat pemandian Putri Kuning.

Menurut, kisah Kerajaan Songenep yang sekarang dikenal Sumenep, Putri Kuning merupakan keturunan Raja Songeneb dan Putri Kuning mempunyai dua putra dari Adi Podai yang bernama Jokotole dan Banyakwedi.

Menurut Tutur Putri Kuning sering mandi di Sumber Belerang yang ada di Desa Kaduara Timur tersebut.

Seperti yang dituturkan oleh salah satu tokoh desa Kaduara Timur, Dhofir. “Dulu masa kerajaan Songeneb Putri Kuning sering mandi di Sumber Belerang,” kata Dhofir. Senin (19/12).

Baca Juga  2 Mantan Pejabat PT. Sumekar Jadi Tahanan Kejari Sumenep

Setelah ratusan tahun Sumber Belerang tidak terawat dan dibiarkan begitu saja, namun seiring dengan bergulirnya waktu ada seorang Kiai bernama Kiai Imron bertapa di wilayah Sumber Belerang,

“Saat menjalani pertapaan tersebut Kiai Imron menancapkan tongkat di depannya, dan dari tancapan tongkatnya tersebut menyembur air yang besar yang sekarang di kenal dengan Sumber Belerang,” ungkapnya.

Maka, dari kejadian peristiwa tersebut dengan Kiai Imron dinamakan ‘MISGILOMI’ yang artinya Hari Kamis Legi tanggal Tiga dengan bahasa Madura Tello’ Mei 1962, Maka dinamakan Sumber Belerang Misgilomi.

Baca Juga  Baru Bebas dari Rutan Sumenep, AJ Diringkus Polsek Kangean

Dalam perjalanan waktu semenjak Kiai Imron melakukan tapa di wilayah Sumber Belerang Misgilomi, sumber tersebut tidak terawat. “Dari sekian peralihan jabatan Kepala Desa Kaduara Timur belum pernah ada perawatan baik dari masyarakat sendiri atau dari desa,” jelasnya.

“Baru kali ini masa jabatan kepala Desa Prayitno, dilakukan pemugaran dan nampak destinasi wisata,” imbuhnya.

Sementara itu, kepala Desa Kaduara Timur Prayitno, saat ditemui oleh media ini menyampaikan, saat ini kami telah melakukan pembenahan di destinasi wisata Sumber Belerang Misgilomi.

Baca Juga  Pastikan Asupan Gizi WBP Terjamin, Lapas Pamekasan Rutin Kontrol Dapur

“Wisata Sumber belerang Misgilomi kami benahi agar menjadi tempat wisata alam yang dapat memikat para pengunjung,” ucapnya.

Saat ini kata Prayitno, pengelolaannya masih secara pribadi. “kemungkinan di tahun 2023 akan dikelola langsung oleh desa, yang tujuannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) tuturnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Quotes Hikmah

"Tatap hari penuh syukur, yaqin pada Allah & ikhlas, karena di depan ada harapan yang tiada tara. Dan puncak harapan, adalah Allah itu sendiri." (DR. KHM. Luqman Hakim)

"Sebesar-besar aib (keburukan) adalah kamu mengira keburukan orang lain sedangkan keburukan itu terdapat dalam diri kamu sendiri." (Imam Syafi'i)

“Siapa saja yang di akhir perkataannya adalah kalimat Lailahaillah, maka ia berhak masuk surga.”

Pesan Makmia

"Hormatilah keinginan serta temani istri dan anak-anakmu. Karena mereka adalah insan yang paling punya hak atas kebaikanmu."

“Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img