Perbasi Jatim Siapkan Pemain untuk Ikuti Seleksi Latihan di Lithuania

85
Perbasi Jatim Siapkan Pemain untuk Ikuti Seleksi Latihan di Lithuania
Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur, Evi Ekawati bersama Atlet Basket Jatim
Light Dark Dark Light

SURABAYA | SIGAP88 – Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur, Evi Ekawati, akan mengirimkan atlet/pemain untuk mengikuti latihan Bersama di Lithuania.

“Ini merupakan program dari PP Perbasi, yaitu mencari 100 pemain untuk diseleksi kemudian ditempa di Lithuania. ” kata Evi Ekawati, Rabu (24/1/2024).

Advertisement

Lebih lanjut Evi Ekawati menjelaskan, saat ini Pengurus Perbasi Jatim sedang melakukan road show ke beberapa daerah salah satunya di daerah Pasuruan. Di kabupaten ini ada sebuah SMA yang mempunyai pemain basket berpostur cukup tinggi dengan usia 16 tahun untuk mengikuti seleksi.

Sebelumnya, Evi Ekawati meminta/megirimkan Surat ke Pengkot/Pengkab Perbasi untuk memberikan informasi atlet-pemain basket daerah mempunyai skill bagus yang terpantau atau yang tidak terpantau untuk mengikuti seleksi di Jakarta.

Kemudian Perbasi bersama pelatih nasional melakukan scouting terhadap pemuda – pemuda di daerah seluruh Indonesia untuk memantau pemain.

Baca Juga  Pemkot Surabaya Siap Sukseskan Pesta Demokrasi 2024

“Scouting akan dilakukan selama 1-29 Februari 2024. Kami mencari 100 pemain usia 14 hingga 18 tahun kemudian dikumpulkan untuk diseleksi secara langsung, rencananya di Jakarta,” ujar Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Seleksi nasional ini, lanjut Nirmala, rencananya dilakukan pada awal Maret. Nanti kualitas para pemain muda ini akan dinilai langsung oleh pelatih rekomendasi federasi Bolabasket Lithuania.

“Dipilih Maret karena Lithuania fokus menyelesaikan babak kualifikasi EuroBasket Februari 2024. Setelah itu, pelatih dari Lithuania akan melakukan seleksi terhadap 100 pemain muda Indonesia,” ujar Nirmala.

Sementara, Ketum PP Perbasi, Danny Kosasih, menjelaskan, dari hasil scouting 100 pemain muda ini akan diciutkan menjadi 15 nama saja. Mereka yang terpilih adalah atlet yang memenuhi kriteria.

“Syarat utamanya adalah postur tubuh. Harus tinggi. Ini sesuai dengan hasil diskusi dengan federasi Bolabasket Lithuania,” jelas Danny.

Baca Juga  Diduga Cabuli Balita, Ayah Kandung di Sidoarjo Ditangkap Polisi

15 pemain hasil seleksi ini kemudian diberangkatkan ke Lithuania untuk mendapatkan tempaan langsung dari Pelatih Lithuania. Diharapkan, mereka nanti kembali dari Lithuania bisa menjadi satu tim yang bisa menjadi andalan masa depan Indonesia.

“Para pemain ini nanti akan berada di Lithuania selama 6 bulan,” terang Danny.

Danny menjelaskan, terkait usia maksimal 18 tahun yang dicari agar PERBASI memiliki stok melimpah untuk kategori usia ini. Harapannya, ke depan PERBASI bisa leluasa menghadapi berbagai ajang internasional.

“Terdekat, kita akan hadapi SEABA U-18. Jika tim ini lolos maka akan lanjut berjuang di Piala Asia,” ucap Danny.

“Lebih dari itu, kebijakan batasan usia 18 tahun ini untuk sukseskan program regenerasi di Timnas Indonesia. Kami berharap, langkah ini bisa menjaga performa timnas di setiap event,” lanjut Danny.

Program ini bagian dari implementasi kerja sama antara PP PERBASI dengan Federasi Basket Lithuania (LTU Basketball). Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Jakarta pada 30 Oktober 2023.

Baca Juga  Polda Jatim Terjunkan Tim Jihandak di Rumah Ketua KPPS Pamekasan

Sebagai bentuk tindak lanjut MoU tersebut, perwakilan PERBASI di antaranya Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, Sekjen Nirmala Dewi, Wakil Sekjen Rufiana, dana Manajer Timnas Basket Putra Rony Gunawan, berkunjung ke Lithuania.

Kunjungan Lithuania dilakukan sejak 17 Januari lalu yang diawali pertemuan dengan Ketua LTU Basketball Vydas Gedvilas beserta jajarannya di kantornya di Kaunas, Lithuania, sehari kemudian.

Kunjungan dilanjutkan ke beberapa tempat, di antaranya ke akademi Bolabasket di Lithuania. Lalu bertemu dengan Wali Kota Palanga, Sarunas Valtkus untuk dijajaki kemungkinan kerja sama dan kerja sama dengan Unibersita Klaipeda.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE