KPU Jatim Pastikan Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1

156
KPU Jatim Pastikan Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1
KPU Jatim mengundang perwakilan ratusan media untuk membahas mengenai peran media dalam kampanye Pemilu Tahun 2024, Rabu (4/10)

Surabaya | SIGAP88 – KPU Jatim menyatakan pekan depan optimis distribusi sebagian logistik pemilu sudah bisa dimulai. Mengingat tahapan jelang penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) Pileg dan pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilu serentak 2024 dimulai pekan pertengahan oktober 2023.

Hal ini disampaikan Devisi Perencanaan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) Miftahur Rozaq usai menggelar Media Gathering bersama 100 orang jurnalis terkait sosialisasi tahapan pengelolaan logistik dan peran media dalam kampanye pemilu 2024 di hotel Movenpick, Surabaya, Rabu (4/10)

Advertisement

“Pengadaan logistik tahap pertama yang tidak berkaitan dengan penetapan DCT dan Daftar Pasangan Calon. Seperti kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel, sudah kami dilakukan. InsyaAllah pekan depan sudah bisa dimulai distribusi dari penyedia logistik ke KPU kab/kota di Jatim,” ujar Rozaq

Masih kata Rozaq, selanjutnya akan disusul proses pengadaan sampul, gembok / kabel ties pengaman kota suara, alat kelengkapan TPS; PPS dan PPK, serta tanda pengenal.

Baca Juga  Kemenkumham Jatim Komitmen Berantas Narkoba di Lapas dan Rutan

Sedangkan untuk pengadaan logistik tahap kedua yang berkaitan dengan penetapan DCT dan Daftar Pasangan Calon
(DPC). Antara lain, surat suara, alat bantu tunanetra Pilpres dan DPRD, formulir, serta DCT dan DPC.

ā€¯Anggaran pengadaan logistik tahap pertama itu dialokasikan sebesar Rp.72 miliar dari KPU RI. Namun alhamdulillah bisa dilakukan efisiensi sehingga yang sudah terealisasi di tahap pertama ini hanya Rp.35 miliar atau ada efisiensi 48 persen,” jelas Rozaq.

KPU Kab/Kota di Jatim yang sudah siap menerima distribusi logistik, ungkap Rozaq adalah KPU Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Situbondo, Kota Madiun maupun Kota Kediri.

“Daerah-daerah itu sudah siap menerima logistik pemilu karena mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat khususnya menyangkut keberadaan gudang penyimpanan,” paparnya

Baca Juga  Sambut HPN 2024, Kapolres Pamekasan Ajak Insan Pers Sukseskan Pemilu 2024

Untuk KPU Kab/Kota yang belum menyediakan gudang penyimpanan, lanjut mantan komisioner KPU Sampang ini mengatakan, berdasarkan laporan masih melakukan negosiasi dan segera siap ditempati untuk logistik pemilu 2024.

“Dalam distribusi logistik, kami juga akan bekerjasama dengan PT POS, TNI dan Polri sebagaimana pengalaman pemilu sebelumnya sehingga bisa dipastikan H-1 Pemilu logistik sudah siap di PPS dan KPPS,” kata dia

Lebih jauh Rozaq menjelaskan jumlah logistik yang sudah dicetak untuk memenuhi kebutuhan pemilu 2024 di wilayah Jatim itu meliputi kotak suara sebanyak 604.662 buah, bilik suara sebanyak 482.664 buah, kemudian tinta 480.604 buah dan segel sebanyak 11.599.946 buah.

“Prinsip pengadaan logistik Pemilu 2024 oleh KPU beserta jajarannya menekan pada 6T. Yakni, Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Kualitas, Tepat Waktu, Tepat Sasaran, dan Tepat Biaya,” terangnya.

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Komisi Informasi Jatim dan Ombudsman RI Kunjungi Kantor PWI Jatim

Selain sosialisasi Tahapan Pengadaan Logistik, pada momen media gathering kali ini, dilakukan pula sosialisasi peran media dalam kampanye Pemilu Tahun 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye.

Materi sosialisasi peran nedia dalam kampanye Pemilu Tahun 2024 disampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Gogot Cahyo Baskoro.

Turut pula hadir dari KPU Jatim yakni Ketua, Choirul Anam, Anggota, Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia.

Dengan didampingi Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini, Kabag Keuangan; Umum dan Logistik, Suharto, Kabag Teknis Penyelenggaraan Pemilu; Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Yulyani Dewi, berserta staf yang membidangi.

Kegiatan semakin istimewa karena juga dihadiri oleh Deputi Dukungan Teknis KPU, Eberta Kawima.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE