Jombang Kirab Api Obor Porprov di 21 Kecamatan

517

Jombang | SIGAP88 – Pemerintah Kabupaten Jombang siap menyemarakkan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur (Jatim) ke-VIII Tahun 2023 sebagaimana harapan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab yang meminta penyelenggaraan PORPROV Jatim VIII Tahun 2023 di Kabupaten Jombang harus Sukses Prestasi Sukses Penyelenggaraan dan Sukses Ekonomi.

Sebagai salah satu tuan rumah event yang bertujuan untuk menjaring atlet- atlet muda potensial dari seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Timur ini, Pemerintah Kabupaten Jombang akan menggelar Kirab OBOR PORPROV keliling di 21 Kecamatan, pada 5 September 2023 dan 6 September 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Agus Purnomo SH M.Si optimis pelaksanaan PORPPROV Jatim VIII/2023 yang dilaksanakan pada tanggal 09 September s/d 16 September 2023 yang diselenggarakan di 4 (empat) Kabupaten/Kota sebagai tuan rumah (Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang) akan berjalan semarak dan meriah. Termasuk di Kabupaten Jombang.

Advertisement

“Alhamdulillah Kabupaten Jombang sebagai salah satu tuan rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023 yang melaksanakan 10 Cabor di 10 Venue siap untuk menyukseskan event olahraga bergengsi Tingkat Jawa Timur ini. Saya berharap event ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat Jawa Timur, termasuk masyarakat Kabupaten Jombang. Api   PORPROV akan kita kirab keliling di 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang selama 2 hari. Masyarakat dapat menyaksikan semarak Kirab Api Obor PORPROV juga menyaksikan event beberapa cabang olahraga yang berlangsung di Kabupaten Jombang”, tutur Agus Purnomo Sekdakab Jombang.

“Momentum Kabupaten Jombang sebagai tuan rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023 ini gaungnya harus sampai diseluruh Kecamatan. Semoga kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman, kondusif, semarak dan manfaat. Semoga Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan juga Sukses Ekonomi, sebagaimana harapan dari Ibu Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang”, pungkas Agus

Baca Juga  Polres Jombang Amankan 8 Pelaku Penjual Miras

Sementara itu, Drs. Purwanto MKP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang selaku Wakil Ketua Pelaksana Porprov di Kabupaten Jombang menyampaikan terkait kesiapan teknis Pemerintah Kabupaten Jombang didalam menyemarakkan kegiatan Porprov Jatim VIII Tahun 2023.

Disebutkan oleh Purwanto bahwa beberapa kegiatan yang telah mendahului pelaksanaan PORPROV Jatim VIII/2023, telah berjalan dengan lancar dan sukses diantaranya adalah:

1. Pertandingan Cabor Pencak Silat telah dilaksanakan 20 Agustus s/d 27 Agustus 2023 di Auditorium UNDAR Kabupaten Jombang.

2. Pertandingan Cabor Drum Band pada 24 Agustus s/d 29 Agustus 2023 di Stadion Jenggolo dan GOR Delta Sidoarjo.

3. Pertandingan Taekwondo tanggal 03 September s/d 06 September 2023 di GOR Merdeka Jombang.

4. Dan Pengambilan Api dan Kirab Api PORPROV pada tanggal 04 September s/d 08 September 2023.

“Api Obor PORPROV secara estafet akan tiba di Kabupaten Jombang pada 5 September 2023 pagi. Serah terimanya dari Kabupaten Mojokerto ke Kabupaten Jombang akan dilaksanakan di RTH Mojoagung, sekitar jam 08.00 WIB, selanjutnya dikirab di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang” tutur Purwanto

“Ada 5 Atlet yang akan bertugas membawa api obor pada acara Kirab Api PORPROV Jatim VIII Tahun 2023 di Kabupaten Jombang. Mereka adalah para atlet yang berhasil mendulang Emas pada Porprov Jatim VII/2022. Diantaranya adalah:

1. Bima Ibram Zam Zami  – Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin); 2. Ardi Wira Yudha -Atletik; 3. Indra Maurin Reifa – Karate; 4. M. Qidhirfath Alexander – Karate; 5. Vita Rachma Ardana-Persatuan Olahraga Senam Seluruh Indonesia (Possi). Pada momentum ini selain kirab obor Porprov, juga kirab yang dilaksanakan oleh KPU untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu”,tambahnya.

Baca Juga  Jelang Lebaran 2024, KSOP Gresik dan Pangkalan PLP lakukan Operasi Waspam

Disepanjang agenda Kirab Api OBOR PORPROV Jatim VIII di Kabupaten Jombang, masyarakat dapat menyaksikan hiburan disetiap titik di panggung kehormatan dimasing-masing Kecamatan yang dilalui jalur kirab. Dari kegiatan ini diharapkan juga dapat menggerakkan perekonomian dan sebagai ajang promosi wisata.

“Dengan adanya Kirab Api PORPROV ini dimanfaatkan oleh para Camat untuk mempublikasikan kepada warga bahwa Kabupaten Jombang menjadi tuan rumah, sekaligus momentum ini menjadi peluang bagi para pelaku usaha UMKM lokal. “Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan barokah bagi masyarakat”, tuturnya.

Rute serah terima Api PORPROV, dari Kabupaten Mojokerto – ke Kabupaten Jombang pada Selasa 5 September 2023, dilaksanakan di RTH Mojoagung pada pukul 08.00 WIB.

Masyarakat bisa menyaksikan kemeriahannya disepanjang rute yakni menuju Kecamatan Sumobito di depan Kantor Kecamatan; Kecamatan Kesamben di depan Mapolsek Kesamben; Kecamatan Peterongan didepan kantor Kecamatan; Kecamatan Jogoroto di depan Lapangan /SMA Jogoroto; Kecamatan Mojowarno di depan Balai Desa Menganto; Kecamatan Wonosalam di depan kantor Kecamatan; Kecamatan Gudo di depan SDN Blimbing; Kecamatan Mojoagung di Barat RTH arah Sumobito; Kecamatan Diwek di Koramil Diwek; Kecamatan Ngoro di depan Kantor Kecamatan; Kecamatan Bareng di perempatan PS. Bareng; Kecamatan Tembelang di Balai Desa Bedahlawak.

Untuk hari kedua 6 September 2023 dimulai dari Kecamatan Jombang, warga menyambut di depan Kantor Kecamatan; Kecamatan Perak – Bandar Kedungmulyo ada di perempatan Karang Dagangan; Kecamatan Megaluh di perempatan  Tugu Sumberagung; Kecamatan Plandaan didepan KUA; Kecamatan Ploso di perempatan Bawangan; Kecamatan Kabuh di depan Pasar Kabuh; Kecamatan Kudu di Balai Desa Kepuh Rejo; Kecamatan Ngusikan di Masjid Keboan.

Baca Juga  Safari Ramadhan, Pj Gubernur Jatim beri Santunan 800 Anak Yatim dan Dhuafa di Kota Kediri

Untuk Kirab hari kedua 6 September 2023, start diperkirakan dari Kecamatan Jombang jam 08.00 Obor PORPROV diserah terimakan di Masjid Besar Keboan ke Kabupaten Mojokerto WIB sekitar jam 11.12 WIB.

Purwanto juga menambahkan bahwa Kirab Api Obor Porprov dari Mojokerto masuk ke Jombang diperkirakan pagi jam 08.00 WIB, setelah dikirab keliling selanjutnya masuk ke halaman kantor Pemkab Jombang jam 14.00 WIB.

Kemudian bergabung dengan rombongan Kirab Bendera Komisi Pemilihan Umun menuju Alun-Alun Jombang.

“Start dari Pemkab Jombang sekitar jam 14.30 WIB. Dalam kirab gabungan ini dimeriahkan oleh drumband, kesenian Reog Ponorogo 4 buah dengan jatilannya.

Selanjutnya di jalan Bupati Suroadiningrat atau sebelah selatannya Kantor Kejaksaan disambut oleh 80 orang penari Remo.

“Kemudian di depan pendopo Kabupaten Jombang disambut 100 orang ISHARI. Rombongan langsung masuk Alun-Alun bergabung dengan Pelaksana Adhoc Pemilu dari Kecamatan dan 306 Desa/Kelurahan yang berjumlah 2000 orang”, paparnya.

“Insyaallah dengan sinergitas dan kolaborasi yang baik seluruh pihak dalam membangun orkestrasi suksesnya Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur akan terwujud. Semoga kegiatan olahraga tingkat Provinsi Jawa Timur ini akan melahirkan multiplier effect yang luar biasa disemua sektor. Baik kebangkitan perekonomian masyarakat, pariwisata dan UMKM lokal, juga peningkatan olahraga prestasi itu sendiri “, pungkasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE