Iklim El Nino, Kadinkes Pamekasan Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

315

Pamekasan | SIGAP88 – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dr Syaifudin, M.Si mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan ditengah kondisi iklim El Nino.

El Nino diakibatkan oleh iklim yang begitu panas dan dampaknya kepada kesehatan sangat besar, yang akhirnya akan mengurangi daya tahan tubuh.

“Dengan suhu yang panas, akibat iklim El Nino berdampak kepada ketahanan tubuh berkurang seperti tubuh akan mengalami dehidrasi,” kata dr Syaifudin, Selasa (31/10).

Advertisement
Baca Juga  Babinsa Desa Batu Bintang Sertu Nur Faisin Bantu Warga Pasang Atap Kamar Mandi

Dengan begitu, akibat panas terlalu tinggi dan debu akan dibawa oleh angin yang cukup kencang sehingga warga akan terganggu di area pernafasan.

“Akibatnya, berpotensi masyarakat kebanyakan terkena penyakit ISPA, (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), diare, dan penyakit lainnya,” papar Syaifudin.

Untuk mengantisipasi hal tersebut sambung Syaifudin, harus menjaga kesehatan dengan berolahraga, makan dengan teratur, dan selalu mengkonsumsi air putih dengan porsi lebih banyak, dan mencuci tangan dan makanan sebelum di masak.

Baca Juga  Dorong Produksi Kopi, DKPP Sumenep Serahkan 25 Ribu Bibit Kopi ke 2 Poktan

“Masyarakat harus melakukan hal itu, untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dan apabila ada gejala cepat konsultasi dan memeriksakan diri ke tempat kesehatan setempat,” imbuhnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE