13 WBP Lapas Kelas IIA Bojonegoro dapat Asimilasi Rumah dan Bebas Bersyarat

30

BOJONEGORO | SIGAP88 – Sebanyak 13 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapat Asimilasi rumah dan 1 orang WBP mendapat program pembebasan bersyarat oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Bojonegoro, Senin (28/11/2022).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas IIA Bojonegoro Rony Kurnia menyampaikan, dengan adanya Asimilasi Rumah sangat membantu mengurangi Overload di dalam Lapas.

“Program ini bertujuan untuk mengurangi Overload di dalam lapas,” kata Rony.

Advertisement
Baca Juga  Polres Jombang Grebek 16 Anggota Perguruan Silat Saat Asyik Tenggak Minuman Keras

Rony menegaskan, program yang telah dilakukan sama sekali tidak ada pungutan biaya.

“Kami pastikan program ini tidak ada biaya,” tegasnya.

Sedangkan dasar pemberian Asimilasi Rumah tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 43 tahun 2021 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Dan Cuti Bersyarat

Baca Juga  Propam Polres Jombang Panggil Personel Diduga Lakukan Penipuan

Pihaknya juga memaksimalkan pelayanan kepada semua WBP apalagi dalam memberikan program asimilasi rumah dan program pembebasan bersyarat kepada WBP.

Tentunya, pemberian program asimilasi rumah dan pembebasan bersyarat melalui proses penilaian yang akhirnya ditentukan siapa WBP yang masuk dalam program asimilasi rumah dan bebas bersyarat.

Rony juga menambahkan, dalam pemberian Asimilasi Rumah, pihaknya juga meminta kepada pihak keluarga dan Kepala Desa ikut andil dalam menjaga kepribadian WBP tersebut.

Baca Juga  Polres Jombang Amankan Ratusan Botol Miras Beserta Penjualnya

“Bagi WBP yang menerima bebas bersyarat dapat kembali ke tengah tengah masyarakat dan membangun hubungan sosial yang baik dengan lingkungan,” tutup Rony.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE