Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak Berhasil Amankan Penumpang Gelap

331

GRESIK | SIGAP88 – Diduga diatas kapal niaga ada penumpang gelap dan bahkan dibuat ajang minum-minuman keras oleh kawanan  penjahat.

Beruntung KN.471 yang merupakan kapal milik pangkalan penjagaan laut dan pantai (PLP) atau coast guard tanjung perak Surabaya melintas diperairan pelabuhan Gresik dimana kapal niaga tersebut posisi sedang angker, sehingga awak kapal patroli tersebut berhasil mengamankan penumpang gelap dan kawanan penjahat kapal niaga tersebut, “ya memang hari ini agenda praktiknya setelah 3 hari kemarin menerima materi dan teorinya” tutur Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak Surabaya Devi A Mamesah saat simulasi boarding officer di pelabuhan Gresik, hari ini, Kamis, (21/9/2023).

Baca Juga  Walikota Surabaya Gelar Open House untuk Warga di Rumah Dinas

simulasi PLP tanjung perakMenurut Devi, yang merupakan satu dari empat instruktur peningkatan ketrampilan boarding officer ini bahwa peserta kegiatan ini bagaimana para awak kapal patroli ini dibekali ilmu kemampuan untuk melakukan pemeriksaan ke kapal-kapal seperti tugas dan fungsi coast guard , “titik berat dari kegiatan adalah membekali para awak kapal patroli agar bisa melakukan pemeriksaan sesuai prosedur, tata cara dia tahu dan membekali teknik- teknik beladiri untuk mengantisipasi jika dalam pemeriksaan kapal tersebut terjadi tidak kooperaktif meski kami dipersenjatai” imbuh Devi yang merupakan satu-satunya yang pernah ngikuti pelatihan peningkatan ketrampilan boarding officer di USA Coast Guard.

Advertisement
Baca Juga  Peduli Korban Banjir di Jateng, Polres Jombang Kirim Bantuan

Tidak hanya itu, kata wanita kelahiran Blitar ini, selain membekali agar mampu melakukan pemeriksaan sesuai prosedur juga keselamatan para awak kapal patroli ini yang diutamakan, “pada akhirnya kami ingin aset kami yang berupa SDM ini dapat pulang kembali dengan selamat,” ungkapnya

simulasi PLP tanjung perak2Seperti kita ketahui bahwa kegiatan pelatihan peningkatan ketrampilan boarding officer yang digelar pangkalan PLP Tanjung Perak ini berlangsung mulai Senin(18/9/2023) hingga Jumat (22/9/2023), dengan pemateri hukum international / maritim bersama narasumber dari akademisi universitas hangtuah Surabaya Laksda Purnawiran Joko dan dari Lantamal V sebagai sinergitas penegakan hukum di laut dan 4 Instruktur yang sudah dilatih oleh USA Coast Guard adalah Capt. Putu, Capt. Riyadi, Capt. Rusmanu dan Devi yang akan mengajar tentang kegiatan fisiknya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE