Menaker Tinjau Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Pastikan K3 Diterapkan dengan Baik

119
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. Foto:ist

GRESIK | SIGAP88 – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah berkeliling Smelter PT Freeport Indonesia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jumat (12/1/2024).Hal tersebut dilakukan dalam rangka peringatan dan pencanangan Bulan K3 Nasional Tahun 2024.

Selain pencanangan, pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional di Smelter bertujuan untuk memastikan bahwa aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah diterapkan dengan baik di Smelter.

Advertisement

“Hari K3 Nasional kita tempatkan di Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, untuk menunjukkan bahwa ini perusahaan yang diminta oleh pemerintah untuk melakukan hilirisasi. Karena ada beberapa kecelakaan kerja di tempat lain, khawatir masyarakat memiliki persepsi bahwa bekerja di Smelter ini tidak memperhitungkan K3-nya,” kata Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan(Menaker)

Baca Juga  Korban Angin Puting Beliung, Warga Dusun Centong Tarik Sidoarjo Berharap Bantuan Pemerintah

“Selain itu kami ingin melihat, ini sebenarnya K3-nya seperti apa?” lanjutnya.

Ida juga mengapresiasi PT Freeport Indonesia atas capaian lebih dari 25 juta jam kerja selamat pada proyek pembangunan smelter PT Freeport Indonesia.

“Itu semua bisa terlaksana karena PT Freeport Indonesia telah melaksanakan syarat-syarat K3 sesuai ketentuan perundang-undangan, maka pelaksanaan Bulan K3 Nasional kami tempatkan di PT Freeport Indonesia,” kata Ida

Usai berkeliling Smelter, Ida Fauziyah berdialog dengan para pekerja/buruh di industri smelter, utamanya terkait penerapan K3. Para pekerja/buruh-pun menyatakan bahwa K3 telah diterapkan dengan baik di Smelter tersebut.

Baca Juga  Februari 2024, Pemkot Surabaya Terapkan Pembayaran Parkir Non-Tunai di 1.370 TJU

“Pelaksanaan K3 sudah bagus. Kalau terjadi apa-apa penanganannya itu sudah cepat,” kata salah seorang pekerja, David Muktiaji Semarang.

Sementara, Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi, mengatakan aspek keselamatan adalah yang utama dalam seluruh kegiatan operasi PT Freeport Indonesia.

Setiap karyawan menjalankan nilai-nilai SINCERE dalam bekerja dan menempatkan Safety sebagai prioritas utama.

SINCERE merupakan singkatan dari nilai-nilai inti perusahaan, yang terdiri dari Safety/Keselamatan, Integrity/Integritas, Commitment/Komitmen, Respect/Rasa Hormat, dan Excellence atau Keunggulan.

Sekedar informasi, Bulan K3 Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari s.d 12 Februari. Pada tahun ini tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Baca Juga  Dinkes Jatim Gelar Rakor Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat ‘Tim Pembina Pesantren Sehat’

Tema tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3

Pabrik peleburan dan pemurnian tembaga yang memiliki kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) konsentrat tembaga ini, akan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.(*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE