KPU Jatim Segera Kroscek dan Tindaklanjuti Surat Suara Rusak di Sidoarjo

83
KPU Jatim Segera Kroscek dan Tindaklanjuti Surat Suara Rusak di Sidoarjo
KPU Jatim Segera Kroscek dan Tindaklanjuti Surat Suara Rusak di Sidoarjo

SURABAYA | SIGAP88 – KPU Jawa Timur (Jatim) segera mengkroscek ulang kembali laporan surat suara rusak yang ditemukan di Kabupaten Sidoarjo. Dimana sebelumnya KPU Sidoarjo mengecek logistik pemilu 2024 yaitu ada 3.000 surat suara rusak. Temuan tersebut didapati saat proses penyortiran terhadap surat suara sebelum dilakukan pelipatan.

‚ÄúLaporan teman-teman Sidoarjo memang demikian. Dan sedang kami kroscek juga,” kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Miftahur Rozaq saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2024).

Advertisement
Baca Juga  Jabatan Khofifah Berakhir Besok, Pj Gubernur Jatim Belum Diumumkan

Dalam penjelasan KPU Sidoarjo, kerusakan surat suara untuk Pemilu 2024 yang ditemukan pun beragam. Misalnya ada surat suara yang sobek, berlubang, ada yang warnanya pecah dan sebagainya. Setelah disortir, semua surat suara yang rusak tersebut disisihkan dan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur serta ke KPU pusat.

Rozaq belum merinci lebih lanjut terkait temuan KPU Sidoarjo tersebut. Namun dia memastikan KPU Jatim akan melakukan kroscek secara langsung. Mantan Komisioner KPU Sampang itu menjelaskan, berdasarkan mekanisme yang berlaku, jika didapati surat suara rusak maka akan dilakukan penggantian sesuai jumlah.

Baca Juga  PT Terminal Petikemas Surabaya Dukung Ekosistem Logistik Nasional

“Dan yang rusak kita simpan dulu. Nanti akan dimusnahkan H-1 sebelum tanggal 14 Februari 2024 yang akan disaksikan Bawaslu dan kepolisian serta stakeholder lainnya,” ungkap Rozaq.

Disisi lain, Rozaq memastikan distribusi logistik berupa surat suara saat ini terus dilakukan. Dari lima jenis surat suara Pemilu 2024, saat ini mayoritas Kabupaten/kota sudah menerima tiga hingga empat jenis suara suara. Sebelumnya, KPU Jatim menjamin seluruh logistik Pemilu rampung pertengahan Januari ini.

Baca Juga  Pemkab Jombang MoU dengan Kejari Jombang

“Saat ini sudah 85 persen untuk surat suara yang diterima oleh Kabupaten/kota,”pungkas Rozaq.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE