Jelang Lebaran 2024, KSOP Gresik dan Pangkalan PLP lakukan Operasi Waspam

331

GRESIK | SIGAP88 – Menjelang lebaran 2024, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik melakukan operasi pengawasan dan pengamanan (waspam) angkutan lebaran 2024 laut bersama di perairan Gresik.

Patroli Gabungan ini melibatkan beberapa unsur dari pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak, Satpolairud, Polsek Kawasan Pelabuhan, TNI Angkatan Laut, Anggota Pramuka dan Pelindo. 

Patroli ini dilakukan untuk menjaga keamanan sekaligus sosialisasi keselamatan pelayaran dalam rangka pengamanan menjelang hari Raya Idul Fitri 2024.

Advertisement

“Patroli gabungan ini, untuk pengawasan dan pengamanan jelang lebaran hari raya Idul Fitri di perairan wilayah kerja KSOP Gresik,” ungkap Kepala Posko Lebaran 2024 Pelabuhan Gresik Devry Andrey, Rabu(3/4)

Pihaknya juga meminta pada semua pelaut agar dapat mendukung atas terselenggaranya angkutan laut lebaran (angleb) 2024, ” ya dari segi keamanan maupun keselamatan pelayaran, termasuk agar standby di radio monitor barang kali ada informasi- informasi yang penting agar diteruskan ke petugas” lanjutnya

Baca Juga  Sekretaris Dewan DPRD Provinsi Jatim Bagikan 150 Paket Sembako ke Warga Sekitar Indrapura

Patroli waspam gabungan dimasa angleb ini menggunakan 3 armada yang dilakukan sekitar perairan pelayaran  Gresik

Pertama, KNP 365 milik KSOP Gresik, selanjutnya, KNP 371 milik Pangkalan PLP Tanjung Perak dan KNP 50015

Dalam patroli waspam tersebut, petugas juga menempelkan stiker sosialisasi, di dua kapal yang sempat didatangi adalah KM Timothi dan Kapal tanker yang sedang lego jangkar menunggu muatan FAME dari DUKS Wilmar, himbauan keselamatan pelayaran.

Baca Juga  Walikota Surabaya Lantik 54 Pejabat Kecamatan hingga Kelurahan

Dalam sosialisasi itu juga tertera pengaduan darurat. Jika ada beberapa kejadian darurat yang harus dilakukan.

Baik itu keselamatan, maupun keamanan berlayar. Maka, diminta untuk segera menghubungi kontak person yang sudah ada di stiker tersebut.

waspam GresikPada kesempatan itu kepala KSOP Gresik Hotman Siagian yang di dampingi Kasi KBPP Capt Firmawan dan ketua Posko Angleb 2024 Devry Andrey menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka memastikan keselamatan pelayaran, “makanya dalam striker yang kita tempelkan di kapal-kapal maupun di tempat-tempat publik tersebut tertulis kontak person yang bisa dihubungi.

“Bila ada terjadi sesuatu baik cuaca maupun lainnya yang mengganggu operasional atau yang emergency dapat menghubungi langsung, sehingga kita dapat segera membantu mendukung kegiatan agar kegiatan operasional di wilayah pelabuhan Gresik berjalan dengan aman tertib dan lancar” tutur Hotman

Baca Juga  Dispendukcapil Surabaya Libatkan RT-RW Awasi Pendatang Baru Pasca Lebaran Idul Fitri 2024

Kru KM Timothi yang
didatangi para petugas gabungan cukup antusias melayani para penegak Hukum di laut.

Pihaknya sudah terbiasa dengan patroli petugas. Bahkan hal tersebut membuat pihaknya terbantu. Karena dilakukan pengawasan dan pengamanan oleh petugas Pelabuhan. 

“Patroli ini, bagi kami sangat membantu pelayaran dan keselamatan kami saat berlayar,” ujar salah satu Kru.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE