HPN 2024, Anggota PIJP jadi Pemateri Diklat Jurnalis Muslimah di Ponpes Darul Ulum Pamekasan

168

PAMEKASAN | Sigap88 – Momen Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 Anggota Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan (PIJP) Madura, Jawa Timur menjadi pemateri dalam Diklat jurnalis Muslimah di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Banyuanyar Putri, Desa Poto’an, Kecamatan Palenga’an, Pamekasan. Jum’at (09/02).

Siti Romlah anggota PIJP yang menggeluti sebagai jurnalis KTV di Pamekasan memberikan materi kejurnalistikan kepada kaum Muslimah yang di gelar oleh Aliansi Jurnalis Muslimah (AJM) Ponpes Darul Ulum, Banyuanyar Putri,

Advertisement

Kegiatan Diklat jurnalistik mengambil tema “Menjadi jurnalis Muslimah yang baik”.

Baca Juga  12 Penerima Manfaat di UPT PSBR Pamekasan Berlatih Pola Dasar Membordir

“Seorang perempuan boleh menjadi jurnalis dan jurnalis muslimah tetap liputan menggunakan jubah atau rok sebagai mana pakaian muslimah,” kata Siti Romlah.

Romlah sapaan akrab jurnalis KTV ini memaparkan kepada audien bahwa dijaman globalisasi ini kesetaraan gender harus punya peran dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang peristiwa yang terjadi saat ini.

“Kesataraan gender juga dituntut untuk berperan aktif di dunia Jurnalistik untuk menangkal berita-berita Hoax yang bisa berpengaruh menyesatkan Masyarakat” jelasnya.

Baca Juga  Dinkes P2KB Sumenep Skrining Petugas KPPS Pemilu 2024

PIJP acara Diklat AJMMenjadi seorang jurnalis, sambung Romlah
tidak perlu malu dan takut sekalipun kita seorang muslimah. “Melalui skill dan pengetahuan, kita bisa memberikan sajian pemberitaan sesuai fakta dan mengedepankan kaidah Islam sesuai dengan tuntunan Agama dan Nabiullah.

Tak tanggung tanggung, Romlah mempraktikkan tata cara pengambilan video berita TV yang benar dan bagus sesuai angel atau sudut pandang jurnalis yang layak disajikan kepada publik.

Bahkan, Romlah memaparkan tentang bagaimana cara membuat narasi berita tv serta perbedaan narasi berita tv dengan berita media online dan media cetak serta media elektonik suara.

Baca Juga  Pemdes Dempo Barat Salurkan BLT-DD Triwulan Pertama Tahun 2024

“Kami menekankan bagaimana cara menulis berita dengan baik dan benar serta menghindari berita hoax.” tegasnya.

Tampak para anggota AJM begitu antusias mengikuti arahan pemateri dalam Diklat jurnalis Muslimah.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE