Gubernur Khofifah Buka Pasar Murah di Kabupaten Pamekasan

248
Light Dark Dark Light

Pamekasan | SIGAP88 – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka pasar murah di Kabupaten Pamekasan dalam momen Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke -78, Rabu(25/10)

Pelaksanaan pasar murah di Pamekasan dilaksanakan usai kegiatan jalan jalan sehat (JJS) dan fokus kepada sembako.

Advertisement

Seperti, beras, telur, gula, minyak goreng, itu semua disediakan untuk masyarakat di tengah melonjaknya harga sembako saat ini.

“Di pasar murah ini harga beras medium Harga Eceran Tertinggi (HET) seharga Rp 10.900 sedangkan di pasaran dalam 1 bulan terakhir ini harganya mencapai Rp 12.400,” kata Gubernur Khofifah. Rabu (25/10).

Baca Juga  Pemkab Sumenep Gelontorkan Beasiswa kepada 520 Mahasiswa Kurang Mampu

Namun pada saat ini, pihaknya telah menjual beras medium dibawah HET, seharga Rp 10.400. “Dengan begitu kami berharap bisa memenuhi keterjangkauan daya beli masyarakat,” jelasnya

Bahkan Gubernur perempuan pertama di Jatim ini meminta kepada semua Bupati di Jawa Timur mendukung penuh program ini secara komperhensif supaya daya beli masyarakat bisa terjangkau.

“Makin banyak operasi pasar murah semakin memungkinkan daya beli masyarakat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan rumah tangga masing masing,” harapnya.

Baca Juga  Perdana, KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024 Apresiasi Pengguna Jasa Kepelabuhanan

Dalam kesempatan tersebut mantan Menteri sosial ini juga memberikan telur kepada balita atau kepada ibu yang sedang hamil.

“Ini merupakan SOP saya, dengan kapasitas ketersediaan telur yang ada. dengan harapan seluruh anak tercukupi gizinya,” terang Khofifah.

Khofifah menegaskan bahwa dari bulan September 2022 sampai September 2023 kita surplus 9,23 persen.

Akan tetapi Harga Pokok Pemerintah (HPP) untuk GKP (Gabah Kering Panen) dan GKG (Gabah Kering Giling) di atas HPP.

“Untuk Jawa Timur HPP kita sampai 6800 yang menjadikan proses penggilingan beras di atas HET. sehingga setiap Bulog menyampaikan stock beras aman sampai tahun depan,” terangnya.

Baca Juga  286 PTPS di Kecamatan Sukomanunggal Dilantik Panwaslu

Ditegaskan oleh Khofifah, saat ini Jatim telah mengirim beras ke wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Sekitar 16 provinsi di Indonesia timur di suplai dari Jawa Timur, bahkan kami juga mensuplai ke Riau dan Babel” terangnya

“Dampak harga melebihi HET dikarenakan GKP, GKG sudah di atas HPP,” pungkasnya(*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE