Jombang | Sigap88 – Jemaah Haji Kabupaten Jombang Tahun 2024 telah selesai menunaikan ibadah haji dan tiba di Tanah Air pada Selasa (09/07).

Kedatangan Jamaah Haji ini disambut oleh Pj Bupati Jombang, beserta Forkopimda dan jajaran pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Jombang juga keluarga Jemaah Haji di Pendopo Pemkab Jombang. 

Total Jemaah Haji yang tiba di Pendopo Kabupaten Jombang 1167 orang. Sebanyak 9 bus yang ditumpangi jemaah haji yang tergabung dalam kloter 61 mulai tiba di Pendopo Pemkab Jombang pada pukul 19.00 WIB.

Disusul dengan 9 bus yang membawa kloter 62 yang tiba di jam berikutnya, 9 bus yang membawa kloter 63 yang juga tiba di jam berikutnya, dan terakhir 2 bus yang membawa kloter 64 tiba pada Rabu (10/07) dini hari. 

Baca Juga  KPU Pamekasan Gelar Debat Terbuka Calon Bupati dan Wakil Bupati

Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Supriyadi menyampaikan dua jemaah haji kloter 106 baru akan tiba di Kabupaten Jombang pada Senin (22/07/2024)

Advertisement

“Dua jamaah kloter 106, saat berangkat memang terakhir sebab saat itu sakit. Maka kepulangannya pun juga terakhir,” jelasnya.

Supriyadi juga menyampaikan, dari total 1174 jemaah haji Kabupaten Jombang yang berangkat pada tahun 2024 ini, total 4 jemaah haji dinyatakan wafat.

Adapun jemaah yang wafat di tanah suci antara lain almh Dewi Aminah Solihin dari Jogoroto, alm Ja’far Ahmad Sofwan dari Tambakberas, dan alm Saeman Tarban dari Plandaan.

Sementara itu, satu jemaah meninggal dalam perjalanan pulang ke Indonesia yaitu almh Sukirah Tomo Karso. Satu jemaah atas nama Muhammad Chisom Sali Amirjo dari Jogoroto belum bisa kembali ke Tanah Air sebab dalam kondisi sakit dan dirawat di Tanah Suci.

Baca Juga  Gasak Uang Ratusan Juta, Pembobol Rumah di Jombang Dibekuk Polsek Gudo

“Untuk kapan kepulangan Haji yang masih sakit, nanti kita menyesuaikan situasi dan kondisi di sana,” jelas Supriyadi.

Setibanya di Pendopo Pemkab Jombang, Jemaah Haji langsung disambut oleh Pj Bupati Jombang Sugiat, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Yayuk Dwi Irawanti, beserta Forkopimda. Sugiat menyampaikan selamat datang kepada para jemaah haji.

“Atas nama Pemkab Jombang saya ucapkan selamat datang kembali di Kabupaten Jombang. Kehadiran jemaah haji menjadi kebahagiaan dan kebanggaan keluarga dan masyarakat Jombang,” kata Sugiat.

Sugiat berpesan semoga setelah menjalani ibadah haji dengan penuh pengorbanan dan ketulusan, dapat membawa berkah dan semangat baru untuk para jamaah.

Baca Juga  Debat Perdana Pilkada Pamekasan 2024, Paslon Ra Baqir-Taufadi Akan Tingkatkan Layanan Kesehatan

Pihaknya juga mengingatkan  agar hasil dari ibadah haji ini dapat menjadi sadana mempererat ukhuwah islamiyah, serta menjadi bekal menjalani kehidupan sehari-hari.

“Setelah kembali dari Tanah Suci, semoga para jemaah haji menjadi teladan yang baik di tengah masyarakat,” tambahnya.

Tak lupa, Sugiat mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan penyelenggara haji.

Pihaknya juga berdoa agar ibadah haji yang telah dijalani ini membawa barokah, menaikkan nilai kebaikan, serta mempererat persaudaraan dan kebersamaan

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE