Surabaya | SIGAP88 – Pemerintah Kota Surabaya melalui UPTD Laboratorium Daerah (Labkesda) menyediakan pelayanan pemeriksaan spesimen di Laboratorium Klinik yang bisa diakses oleh warga Surabaya. Lebih dari itu, Labkesda pun membuka pelayanan Kesehatan Lingkungan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina UPTD mengatakan bahwa Labkesda Surabaya kini membuka layanan Lab klinik hingga kesehatan lingkungan yang berada di Jalan Gayungsari Barat No. 124-A Surabaya. Labkesda membuka pelayanan setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Nanik juga menjelaskan apabila pasien memiliki keterbatasan, UPTD Labkesda Surabaya juga menyediakan layanan Home Care, yakni, memberikan layanan kesehatan dengan mendatangkan tenaga medis ke rumah pasien.

Baca Juga  Pjs Walikota Surabaya Siap Dukung Pilkada 2024 Berjalan Aman dan Lancar

“Pembayaran pemeriksaan pun dapat dilakukan secara non tunai atau cashless” kata Nanik.

Nanik mengatakan, biaya pemeriksaan di UPTD Labkesda Surabaya berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya. UPTD Labkesda Surabaya dapat melakukan pemeriksaan spesimen dari manusia berupa darah, urine, sputum, dan cairan tubuh lainnya baik melalui swab atau metode lainnya.

Advertisement

“Selain itu, Labkesda mampu melakukan pemeriksaan sampel untuk mendukung kesehatan lingkungan berupa, sampel air, makanan, minuman, udara ruang, dan limbah,” kata Nanik, dalam keterangannya Rabu (27/9)

Nanik lantas menjelaskan, Laboratorium Klinik UPTD Labkesda Surabaya menyediakan layanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik, patologi klinik, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit dan penyembuhan penyakit.

Baca Juga  Pelindo Sub Regional 3 Jawa Resmikan Buffer Area di Pelabuhan Tanjung Perak

Jenis pelayanan yang tersedia Laboratorium Klinik, di antaranya Hematologi, Kimia Klinik, Mikrobiologi Klinik, Parasitologi Klinik, Imunologi Klinik, Patologi Klinik, Bakteriologi, Parasitologi, Narkoba dan Toksikologi, Urinalisa, Pemeriksaan Biomolekuler (PCR), Crosschecker sediaan TBC, hingga ECG (rekam jantung).

“Kami juga memiliki fasilitas penunjang berupa laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2), serta alat Kesehatan yang sesuai, seperti Photometer Automatic, Centrifuge, Hematology Analyzer, Urine Analyzer, PCR, dan TCM. Dengan demikian kami berharap masyarakat bisa memperhatikan kesehatannya masing-masing, salah satunya adalah rutin melakukan Medical Check Up karena Labkesda siap memberikan pelayanan prima dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Baca Juga  PT Terminal Petikemas Surabaya Catat Peningkatan Arus Sebesar 10,35 Persen

Masih kata Nanik, untuk Laboratorium Kesehatan Lingkungan menyediakan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan.

“Terutama dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat. Jenis pengujian Laboratorium Kesehatan Masyarakat adalah Kimia Air, Kimia Makanan dan Minuman, Kimia Limbah, Mikrobiologi Air Dan Limbah, Mikrobiologi Makanan dan Minuman, Usap Alat, dan Udara Ruang” paparnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE