Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH. MH mengajak kepada para kepala Desa seKabupaten Sumenep untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) dan anggaran Dana Desa (ADD) kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan Desa.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menghadiri Rapat kerja Bupati dengan para Camat, Pendamping Desa dan para kepala Desa seKabupaten Sumenep yang terselenggara di gedung KORPRI. Jum’at (02/12) sore.

“Penggunaan DD dimanfaatkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana baik infrastruktur maupun peningkatan perekonomian masyarakat di setiap Desa,” kata Bupati Fauzi.

Baca Juga  Babinsa Koramil 0826-09 Pakong Bersihkan Saluran Irigasi di Desa Lebbek

Setidaknya, kata Fauzi, pengelolaan DD oleh Desa harus berpatokan kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Pengelolaan DD diperuntukkan kepada pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM,” jelasnya.

Hendaknya DD dimaksimalkan untuk peningkatan perputaran ekonomi masyarakat, “Desa memiliki peran strategis sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah dan nasional,” ucapnya.

Advertisement

Program kegiatan pembangunan tingkat desa sebaiknya diselaraskan untuk mendukung pendapatan dan daya beli masyarakat, di antaranya dengan pemberdayaan para pelaku UMKM

Baca Juga  Kepala Bakesbangpol Sumenep : Ideologi Pancasila Perkuat Cinta Tanah Air

“Kerja sama semua pihak baik pemerintah daerah dan Desa sangat diperlukan, sebagai satu kesatuan dalam menciotakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Jadi, dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Sumenep harus berlandaskan kerja sama semua pihak dengan tidak meninggalkan slogan yang dibawa oleh Bupati Sumenep”Bismillah melayani”

Senada, yang di ucapkan oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf, kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas penganggaran antara pemerintah, pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Tingkatkan Sinergi, Kepala Perhutani KPH Madura Terima Kunker TNI & Polri di Kepulauan Kangean

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antar pemerintah daerah dengan Desa dalam menciptakan pembangunan di Kabupaten Sumenep.

“Dengan tagline Bismillah melayani, pihak pemerintah daerah dan Desa mampu mendorong peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumenep,” tukasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE