RSUD Abuya Kangean Bakal Terima Tambahan Ruang Rawat Inap dan Rumdis

416
Light Dark Dark Light

SUMENEP | Sigap88.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(P2KB) Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno, melalui kepala bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan menyampaikan di tahun 2024 ini RSUD Abuya Kangean akan mendapatkan tambahan ruang pasien dan Rumah Dinas (Rumdis).

“Setelah selesai 3 Rumdis dokter spesialis di tahun 2023, RSUD Abuya di tahun 2024 akan mendapat pembangunan 2 unit Rumdis,” kata Kabid sumber daya kesehatan Nur Insan. Rabu (10/01).

Advertisement

Menurut dia, standarnya rumdis di RSUD ABUYA Kangean ada 10 rumdis. karena kemungkinan dokter spesialis di RSUD Abuya ada 7, termasuk dokter spesialis penyakit bedah,dokter spesialis dalam, dokter spesialis kandungan,dokter spesialis anak. “4 spesialis ini merupakan keharusan,” ucap Nur Insan

Baca Juga  RSUD Haji Jatim Gelar Penyuluhan Kesehatan

Termasuk pula, anastesi, Radiologi dan patologi klinik. “Kami berusaha ke Provinsi Jatim untuk memenuhi dokter spesialis di RSUD Abuya dan kami berusaha bekerja sama dengan Unair untuk memenuhi 7 dokter spesialis,” tuturnya.

Bahkan, Nur Insan sangat berharap wilayah kepulauan menjadi skala prioritas sehingga, tidak ada.lagi.masyarakat Kabupaten yang ada di kecamatan Sapeken dan kepulauan Kangean yang di rujuk ke rumah sakit di Bali dan Banyuwangi.

Baca Juga  DKPP Sumenep Raih Prestasi PPH Tingkat Nasional

“Dengan sarana dan prasarana serta di tunjang dengan SDM mendukung, dapat memberikan pelayanan yang maksimal,” tegas Nur Insan.

Untuk meningkatkan animo masyarakat tentang pelayanan RSUD Abuya Kangean maka pihaknya melakukan langkah kunjungan ke setiap Puskesmas yang ada di kepulauan.

“Kunjungan ke setiap Puskesmas dengan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat seperti ibu hamil akan memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan di RSUD Abuya Kangean,” imbuhnya.

Selain itu, Nur Insan memaparkan dengan rencana penambahan fisik ruang rawat inap di RSUD Abuya Kangean. “Tahun 2024 RSUD Abuya Kangean dapat anggaran sebesar Rp 3,75 milyar,” jelasnya.

Baca Juga  PIJP Gelar 'SEPEDA', Komitmen Tangkal Berita Hoax di Pamekasan

“Anggaran Rumdis dan tambahan ruang rawat inap dari anggaran pusat dengan besaran untuk rawat inap Rp 3,75 milyar dan untuk Rumdis sebesar Rp 0,70 milyar dengan kapasitas 2 unit,” paparnya.

Penambahan ruang rawat inap RSUD Abuya dalam rangka memenuhi kebutuhan ruangan pasien yang semakin meningkat seiring dengan adanya dokter spesialis

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE