Pj Gubernur Jawa Timur Kenakan Batik Omah Budoyo di EJFH 2024

94

Tulungagung | SIGAP88 – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono berkesempatan mengenakan atau memperagakan busana batik Omah Budoyo Jawa timur di East Java Fashion Harmony (EJFH) 2024 di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung, Sabtu (22/6/2024)

Bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim, Isye Adhy Karyono, Pj Gubernur Jatim nampak berjalan gagah di atas catwalk, bak peraga busana profesional.

Setelan yang dikenakan bukan batik biasa, tetapi hasil rancangan Pemenang Lomba Desain Motif Batik Khas Jawa Timur 2024.

Advertisement
Baca Juga  Bea Cukai Madura bersama Satpol PP Pamekasan Sosialisasi Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Pj Gubernur Jatim dalam sambutannya menyampaikan, Omah Budoyo filosofinya rumah adalah rumah tradisional yang didirikan dengan konsep lingkungan dan karakter hidup penghuninya yakni budoyo di lingkungan Jawa Timur.

Motif batik ini merupakan kesatuan dari ragam motif-motif yang bernuansa budaya khas Jawa Timur.

Pemprov memastikan batik Omah Budoyo Jawa Timur bisa diproduksi secara massal dan telah menetapkan SK-nya.

Secara garis besar motif-motif tersebut juga membuat unsur cagar budaya berupa bangunan dan flora mempunyai filosofi yang kental.

Baca Juga  Kasihumas Polres Kediri jadi Narasumber Talkshow di RRI

“Motif batik Jawa Timur tersebut adalah hasil kurasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan para perajin batik,” ucap Pj Gubernur Jatim

Sementara, Desainer Omah Budoyo Jawa Timur, Fransiskus Fran Kenny Tamara mengaku tidak menyangka karyanya bisa menjadi indah dan pas saat dipakai Pj Gubernur.

“Tidak menyangka karya saya bisa jadi indah seperti itu, bahkan dipakai sama pak Pj Gubenur,” ungkapnya

Pria kelahiran Jogja ini mengaku hanya butuh satu hari untuk mendesain. Khusus untuk lomba kali ini, dia memasukkan unsur bangunan dan flora dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Jember, Surabaya , Banyuwangi dan kota- kota santri.

Baca Juga  Kecamatan Arjasa Tampilkan Sejumlah Tempat Wisata di Festival Desa Wisata

“Ada gambar gapura, tugu pahlawan, rumah joglo, bunga dan daun saya sengaja tidak menggambar hewan karena bertentangan dengan keyakinan,” katanya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE