MWC-NU Kadur Gelar Acara Besar, Peringati 1 Abad NU

58

Pamekasan | Sigap88 – Perayaan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar secara besar-besaran oleh Majelis Wakil Cabang (MWC-NU) Kadur, Pamekasan, Madura pada hari Rabu, (23/2/23) pagi.

Acara yang bertemakan, “Merawat Jagat Membangun Peradaban” dihadari sekitar 30 ribu warga NU dan juga mendatangkan pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, Jawa Timur sekaligus Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. sebagai penceramah.

Acara tersebut juga dihadiri, Kapolres Pamekasan, AKBP Satria Permana, Komandan Kodim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

Advertisement

Direktur Owner PT Bawang Mas Group, H. Khoirul Umam dalam kesempatan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa resepsi puncak 1 abad NU merupakan momentum untuk merefleksikan diri atas kiprah yang telah dilakukan NU selama ini.

Baca Juga  Bupati Sumenep Tekan Angka Kemiskinan Melalui Program BPJS Ketenagakerjaan

Menurutnya, NU merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah NKRI dan selama ini NU telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kedamaian bangsa Indonesia.

“Ini adalah bukti sejarah, betapa besarnya peran dan perjuangan NU,” tuturnya.

Selanjutnya, Direktur yang kerap di sapa H. Her ini juga menuturkan bahwa, NU mengajarkan cinta damai dalam hidup berbangsa dan bernegara dengan menghargai segudang perbedaan ras, suku, dan agama. Bagi NU, perbedaan tidak menjadi alasan untuk berpecah belah dalam bingkai bhinneka tunggal ika.

Baca Juga  Kepala DPMD Sumenep Ajak Masyarakat Aktif Gelorakan Semangat Gotong Royong

“NU menjaga kerukunan umat beragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, dalam momentum satu abad NU mengajak kepada semua ummat islam seluruh Indonesia untuk senantiasa tingkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah.

“Mengajak seluruh warga Nahdliyin dan juga masyarakat untuk mensyukuri atas masuknya abad kedua NU dan mencintai baginda Nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

Baca Juga  Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkab Sumenep Gencar Lestarikan Budaya

Kemudian, beliau juga mengajak kepada warga NU agar bersatu dan tidak terpecah belah. Serta meminta agar menyudahi wacana yang berkembang di publik tentang adanya istilah NU struktural dan NU kultural. Karena beliau tidak ingin ada dikotomi di antara warga NU.

“Warga NU yang ada di struktural mempunyai tugas mengurus organisasi. Adapun mereka yang tidak ada di jajaran pengurus mengayomi masyarakat. Oleh sebab itu, warga NU harus bersatu tanpa ada dikotomi dua istilah tersebut, ” pungkasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE