Kepala KSOP Gresik Hotman Siagian : Masa Angleb 2023 di Gresik Secara Umum Berjalan Dengan Baik

133

GRESIK | SIGAP88 – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik secara resmi menutup posko Angkutan Laut Lebaran (Angleb) tahun 2023, penyelenggaraan posko yang berlangsung 32 hari mulai 7 April hingg 8 Mei 2023 ini berjalan dengan lancar dan  aman, ” meski ada sedikit kekurangan dan harus ada perbaikan namun secara umum berjalan dengan baik itu terbukti banyaknya apresiasi dari banyak pihak” kata Kepala KSOP Gresik, Hotman Siagian saat sambutan penutupan posko angleb 2023 Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, suksesnya posko Angleb 2023 di pelabuhan Gresik ini tak lepas dari sinergi dan kordinasi semua lembaga, unsur kementerian lembaga, BUMN dan seluruh stakeholders sektor transportasi.

“Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh lembaga terkait atas kerjanyata dan kerjasama serta kolaborasi yang baik ini dalam pelaksanaan angkutan lebaran 2023 ini. Sehingga masyarkat dapat melakukan perjalanan dengan aman, nyaman, sehat  dan berkesan” lanjutnya

Advertisement
Baca Juga  Diskop UKM Jatim Dukung Pengembangan Usaha Pesantren

Dan tak kalah pentinganya kata Hotman, peran media juga sangat penting sebab masyarakat luas dapat informasi kondisi terbaru di pelabuhan.

IMG 20230509 WA0005“Apresiasi juga buat seluruh media baik online,cetak, TV dan radio yang menyebar luaskan terkait info angkutan lebaran 2023” tandas Hotman, saat membacakan sambutan Dirjen Perhubungan Laut(Hubla) Arif Thoha

Adapun berdasarkan  pantauan dan monitoring selama penyelenggaraan Angleb tahun 2023 di Pelabuhan Gresik pada H-5 sampai H+12 tercatat hingga 3,9 juta orang hal ini mengalami kanaikan 3,46 persen atau 129 ribu penumpang dibanding tahun 2022.

Baca Juga  242 Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan, Ini Pesan Plt Bupati Subandi

“Hal ini menunjukan keinginan masyarakat untuk bepergian meningkat, kedepan agar penyelenggaraan angkutan lebaran lebih baik lagi diperlukan singkronisasi yang lebih baik lagi, antara pelaksana pengambil kebijakan dan pelaksana di lapangan, selain itu singkronisasi dengan pelaksanaan cuti bersama dengan waktu libur sekolah agar permintaan angkutan lebih baik dan dikendalikan” harap Arif Thoha seperti dibacakan Hotman.

Sementara itu, ralisasi penumpang lewat pelabuhan Gresik mengalami peningkatan dibanding tahun 2022, yang mencapai 17165 penumpang, pada tahun 2023 total penumpang lewat pelabuhan Gresik hingga 18225 Orang atau 6,18 persen

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) kelas II Tanjung Perak Surabaya, Devi Mamesah menambahakan bahwa pihaknya pada awal mudik melakukan patroli bersama dengan kapal kelas III KSOP Gresik dalam rangkah pengawasan dan pengamanan (waspam) diperairan, selain itu pihaknya juga menstandbykan 2 kapal kelas III di Surabaya, namun apabila dibutuhkan di Gresik akan segera ke lokasi.

Baca Juga  DPRD Sumenep Gelar Sidang Paripurna Tentang RPJPD Tahun 2025 - 2045

“Jarak Surabaya Gresik kan dekat jadi 2 armada kelas III selalu siap sedia kalau dibutuhkan di Gresik, mungkin itu yang bisa kami lakukan untuk mendukung Angleb di Gresik, Selain itu syukur Alhamdulillah pada masa Angleb kemarin tidak ada kejadian yang menonjol semua berjalan dengan baik dan lancar semua atas kordinasi yang baik semua pihak” imbuhnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE