Kemensos Kucurkan Dana Ratusan Miliar Kepada Warga Kabupaten Pamekasan

296

PAMEKASAN | Sigap88.com – Dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan dengan senilail Rp 111 miliar berupa bantuan sosial kepada warga Kabupaten Pamekasan, Madura. Sabtu (25/11).

Penyerahan Bansos kepada warga Kabupaten Pamekasan oleh Kemensos RI terlaksana di pendopo Ronggosukowati Pamekasan di hadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan Herman Hidayat, Tenaga Ahli Kemensos, Hasanuddin, perwakilan dari Margo Laras Pati, dan para penerima Bantuan Sosial (Bansos).

Kapokja kebijakan Anak Kementerian sosial RI Sri Wahyuni, SH. MH menyampaikan, dana Rp 111 milyar lebih akan dialokasikan kepada penerima BPNT, program keluarga harapan, asistensi rehabilitasi sosial anak yatim piatu, bantuan kepada Lansia serta Disabilitas dan alat bantu disabilitas, kewirausahaan.

Advertisement
Baca Juga  DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna, Tentang Laporan Persetujuan Bersama Dengan Bupati

Sri Wahyuni menjelaskan, untuk alat bantu disabilitas dan kewirausahaan berasal dari UPT Kemterian.sosial.yaitu Margo Laras Pasti.

“Bantuan ini bertujuan, agar masyarakat mampu memenuhi kebutuhan dan hak dasarnya melaksanakan tugas serta dapat membantu mengatasi masalah dalam kehidupannya,” kata Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni menjelaskan bahwa kegiatan perlu dukungan semua pihak seperti dari DPR yaitu Komisi VIII. “Kami dapat dukungan dari DPR RI Komisi VIII dalam.mengalokasikan anggaran dan turut mengontrol program dari Kementerian Sosial agar tepat sasaran,” jelasnya.

“Peran Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial perlu juga di apresiasi dan semoga Kemensos untuk tahun selanjutnya tetap berpartisipasi membantu keluarga yang membutuhkan lebih banyak lagi,” harapnya.

Baca Juga  Fika Karina Aulia, Raih Kemenangan Gemilang di Kompetisi Sigma Science

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Sentra Margo Laras Pasti Syam Fathurrachmanda menyampaikan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian sosial dengan DPR RI sebagai leading sektornya dan fungsi pengawasan.

“Kami bekerja sama dengan Komisi VIII DPR RI untuk memastikan bantuan dari Kemensos tepat sasaran,” ungkap Syam Fathurrachmanda

Sasaran yang akan menerima kucuran dana sebesar RP 111 milyar berupa sembako sebesar Rp 86 milyar, untuk bulan November dan Desember 2023.

Sedangkan untuk program PKH Rp 22 milyar untuk bulan November dan Desember 2023.dan untuk atensi Yapi Rp 597 juta dan AMPK (Anak Memerlukan Perlindungan Khusus) sebesar Rp 15 juta, bantuan makanan kepada disabilitas Rp 96 juta makanan kepada Lansia Rp 1 milyar lebih, serta atensi alat bantu kepada disabilitas dan usaha Rp 32 juta lebih.

Baca Juga  32 KPM Desa Kalebengan Rubaru Terima BLT-DD April hingga Juni 2024

“Program.ini, yang ada di Kementerian sosial, bukan hanya menitik beratkan kepada satu unit kerja saja,” jelasnya.

“Ini untuk mendukung Kunjungan kerja DPR RI Bapak Hasani kami menurunkan bantuan sebesar Rp 111 milyar untuk Kabupaten Pamekasan saja,” pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE