Kapolres Jombang Jumat Curhat Bersama Umat Kristiani

Perkokoh Toleransi

64
Light Dark Dark Light

Jombang | Sigap88 – Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi berdialog dengan puluhan umat Kristiani dalam acara ‘Jumat Curhat Kapolres Jombang’ di Ruang Jombang Command Center ( JCC ) Polres Jombang Jl KH Wahid Hasyim, Jumat (13/10/2023).

Jumat curhat dengan umat kristiani di wilayah Kab kabupaten Jombang ini dalam rangka mewujudkan sinergi dan kolaborasi untuk memperkokoh toleransi dan kerukunan umat beragama menjelang Pemilu 2024.

Advertisement

Turut mendampingi Kapolres Jombang yang Kasat Intelkam AKP Budi Santosa. Sementara hadir antara lain Kemenag Jombang Abdul Manaf, Kesbangpol Samsul Huda, Ketua Persekutuan Gereja gereja di Indonesia Pendeta Suyono bersama 12 anggota, serta Sekretaris BAMAG Jombang Pendeta Feky Tploliu bersama 12 anggota.

Baca Juga  Kapolres Nganjuk Penuhi Janji Dampingi Mbah Iksan untuk Pengobatan Lanjutan

Kapolres mengatakan, sebagai tonggak toleransi beragama di Kabupaten Jombang bahwa di Jombang yang merupakan kota santri namun umat kristiani juga sangat banyak, terbukti dari jumlah gereja yang ada di wilayah setempat.

“Menjelang tahun politik dinamika politik mudah berkembang sehingga mari kita cegah bersama sama terkait isu isu sara,” kata Kapolres.

Pada kesempatan itu juga dilakukan tanya jawab. Selain itu, sejumlah peserta juga memberikan masukan. Seperti halnya disampaikan oleh pendeta Lukas dari Tembelang.

“Terkait tempat ibadah tidak diperbolehkan untuk giat politik kami mohon kalau bisa seluruh umat agama diundang,” katanya.

Sementara itu, Abdul Manaf dari Kemenag Jombang mengatakan bahwa tentang nilai keamanan itu harus dijaga bersama sama. Menjaga keberagaman agama adalah wujud dari toleransi antar umat beragama.

Baca Juga  Polres Jombang laksanakan Minggu Kasih di Gereja Sidang Jemaat Allah Bukit Sion Wonosalam

“Bahwa Jombang adalah Kabupaten yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat terkait kerukunan antar umat beragama. Kita semua harus menjaga jangan sampai tempat ibadah jangan dijadikan tempat untuk kegiatan politik,” kata Abdul Manaf.

Lebih lanjut dirinya juga berharap agar di gereja dipasangi kamera CCTV untuk keamanan bersama. Kapolres Jombang pun menanggapi keluhan dan masukan.

“CCTV itu sangat penting untuk membantu menjaga keamanan dan kalau bisa pemasangan CCTV serentak di seluruh gereja di Kabupaten Jombang,” ujar Kapolres.

Baca Juga  Kapolres Kediri Apresiasi Masyarakat Atas Berjalannya Pemilu 2024 Aman dan Kondusif

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi di akhir penyampaian mengajak kepada semua pihak untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif di wilayah Jombang.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui adanya kejadian tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya bisa melaporkan ke Kepolisian terdekat atau melalui Call Center Polres Jombang.

“Masyarakat yang mengetahui adanya kejadian tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya serta pengaduan/keluhan tentang layanan Kepolisian bisa melaporkan melalui call center 110. Atau bisa menghubungi nomor call center Kandani 081323332022,” pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE