KAI Daop 8 Tingkatkan Perawatan Jalur Kereta Api

Jelang Angkutan Lebaran Idul Fitri 2024

111

SURABAYA | SIGAP88 – Menjelang mudik lebaran Idul Fitri, KAI Daop 8 Surabaya terus melakukan persiapan angkutan lebaran Tahun 2024. Bentuk upaya yang dilakukan oleh jajaran KAI Daop 8 diantaranya dengan melakukan perawatan jalur Kereta Api untuk menjamin keselamatan perjalanan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Kamis (21/3) mengatakan KAI Daop 8 Surabaya senantiasa melakukan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

“Perawatan jalur rel kereta api dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai dengan standar pengoperasian jalan rel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan” kata Luqman.

Advertisement

Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kab/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Baca Juga  Pelindo Terminal Petikemas beri Diskon Biaya Penumpukan, Pelaku Usaha Sambut Positif

“Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI Daop 8 Surabaya memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, 4 UPT Jembatan, dan 1 UPT Mekanik” ucapnya.

Para petugas dari UPT Jalan Rel dan Jembatan, ungkap Luqman, akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast.

Disamping itu, para petugas akan meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

Baca Juga  Dishub Kota Surabaya Dirikan Posko Pengaduan Parkir Ramadhan

“Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api, serta memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA,” katanya

Sekedar informasi, saat ini telah tercatat sebanyak 208.541 calon penumpang.untuk pemesanan tiket Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 8 Surabaya mulai 31 Maret hingga 21 April 2024.

Pada momen arus mudik 31 Maret (H-10) s/d 9 April (H-1) tercatat 104.622 penumpang, sedangkan untuk arus balik mulai 12 – 21 April atau H+1 hingga H+10 lebaran tercatat 84.795 penumpang.

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 perjalanan KA jarak jauh yang terdiri 43 KA reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan pada masa angkutan lebaran 2024, dengan total menyediakan 30.340 tempat duduk perhari.

Baca Juga  CEO PT Bawang Mas Group Gelar Pengajian

Penumpang di Daop 8 Surabaya pada masa angkutan lebaran didominasi dengan tujuan Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.

“KA jarak jauh paling favorit yakni KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong, KA Kertajaya Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang,” pungkas Luqman. (*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE