Jelang Mudik Lebaran 2024, Polisi dan TNI Sidak SPBU di Jombang

40
Jelang Mudik Lebaran 2024, Polisi dan TNI Sidak SPBU di Jombang
Jelang Mudik Lebaran 2024, Polisi dan TNI Sidak SPBU di Jombang

Jombang | Sigap88 – Persiapan arus mudik lebaran 2024, Kapolsek Jombang bersama Danramil Jombang, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU yang ada di Jalan Soekarno Hatta Desa Mojongapit, Kec./Kabupaten Jombang. 

Dalam sidak itu, aparat kepolisian dan TNI melakukan pengecekkan takaran, kualitas kandungan BBM hingga ketersediaan stok BBM hingga arus mudik lebaran nanti dilaksanakan.

Kapolsek Jombang, AKP Soesilo menjelaskan pihaknya beserta Danramil 01/Jombang, Lettu Hery Setiyawan, melakukan kegiatan sidak, dalam rangka kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, sebelum pelaksanaan operasi ketupat.

Advertisement

“Dengan mengecek salah satu SPBU yang ada di wilayah, Kecamatan kota yaitu di Desa Mojongapit,” kata AKP Soesilo, Jumat (29/3)

Ia menegaskan dari hasil pengecekan itu, pihaknya menemukan bahwa alat ukur pengisian BBM yang ada di SPBU Mojongapit, sudah sesuai dengan ketentuan yang ada atau sudah dilakukan tera.

Baca Juga  Libur Lebaran, Kapolres Pamekasan Pantau Obyek Wisata

“Mulai dari teranya ada apa nggak, ternyata ada. Dari 16 mesin pengisian semua ada dan berlakunya sampai tanggal 5 Juni 2024,” ujarnya.

Selain itu, terkait dengan kadar kandungan BBM, sejak awal datang dari depo hingga memasuki mesin pengisian BBM, ternyata kualitasnya masih tetap sama. Dimana penerimaan BBM itu dilakukan pada tanggal 26 Maret dan sampai tanggal 29 Maret kualitas BBM masih sama.

“Kandungan takaran kita bandingkan, antara penerimaan dengan keadaan sekarang, tetap sama. Penerimaan tanggal 26 dan sampai tanggal 29, koofisiennya sama,” tuturnya.

Tak hanya itu, Soesilo mengaku jika pihaknya telah melakukan pengecekkan kandungan air yang ada di BBM, dengan menggunakan alat bantu. Dan hasilnya tidak ada kandungan air dalam BBM.

Baca Juga  Tim Inafis Polres Pamekasan Identifikasi Mayat Mr X

“Alhamdulillah kita ambil sampel di tangki pendam, hasilnya setelah kita cek memang di sini aman (tidak ada kandungan air),” katanya.

Ia menyebut stok ketersediaan, BBM selama arus mudik nanti dipastikan aman. “Hasil koordinasi dengan pemilik SPBU, stok dipastikan aman sampai arus mudik lebaran nanti,” ujarnya.

Terpisah Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengatakan, bahwa kegiatan itu dilakukan untuk memastikan akurasi takaran mesin pompa pengisian BBM sesuai dasar transaksi perdagangan. Juga memastikan semua SPBU melayani masyarakat dengan baik.

“Pengecekan dilakukan untuk antisipasi terjadinya kecurangan dan kelangkaan BBM jelang mudik Lebaran 1445 H,” kata Kapolres.

Baca Juga  Balap Liar di Jombang Dibubarkan, Polisi Amankan 35 Remaja dan 22 Sepeda Motor

Sementara itu, Andik Purnomo pengelola SPBU Mojongapit menjelaskan bahwa stok BBM di SPBU Mojongapit selalu aman tidak ada keterlambatan.

“Stok BBM selalu aman, untuk kebutuhan BBM pertalit, pertamax, solar, sudah kita siapkan, untuk menjelang libur lebaran,” tuturnya.

Ia menegaskan untuk persiapan arus mudik lebaran, pihaknya sudah mempersiapkan penambahan DO, namun besaran penambahan bergantung dari kebutuhan pada saat mudik lebaran nanti

Kalau penambahan DO, ada. Tapi menyesuaikan kebutuhan. Untuk pertalite kebutuhan kita sehari 24 ton. Untuk solarnya 8 ton, dan Pertamax 4 ton,” katanya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE