Jelang Bulan Suci Ramadhan, Polda Jatim Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan 2024

119
Jelang Bulan Suci Ramadhan, Polda Jatim Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan 2024
Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Pol Imam Sugianto. (Foto: Humas Polda Jatim)

Surabaya | SIGAP88 – Menjelang bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Polda Jatim bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) menggelar Apel pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan

Apel gelar pasukan dengan sandi Operasi Keselamatan Semeru 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan, dilaksanakan di Lapangan Upacara Mapolda Jatim, Sabtu (2/3)

Operasi Keselamatan 2024 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai hari Senin besok, 4 hingga 17 Maret 2024, dengan melibatkan personel sebanyak 4.470, yang terdiri dari satgas Polda sebanyak 390 personel, dan Satwil jajaran 4.080 personel.

Advertisement

Sebanyak delapan target prioritas operasi keselamatan semeru 2024 antara lain, penggunaan helm SNI, melawan arus, penggunaan handphone saat berkendara, berkendara dibawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah umur, penggunaan knalpot tidak sesuai spektek dan aksi balap liar.

Baca Juga  Polres Pamekasan Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2024

Kapolda Jawa Timur(Jatim), Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, pada tahun 2023 terkait pelanggaran lalu lintas di Jatim angka kecelakaan masih perlu ditekan lagi.

Imam menyebut, jenis pelanggaran yang dilakukan, melibatkan 14. 292 pelanggar, diantaranya tidak memakai helm dan 719 pelanggar melakukan perbuatan melawan arah.

“Angka tersebut cukup tinggi jika dilihat berdasarkan kurun waktu yang masih cukup singkat,” kata Imam.

Baca Juga  Pelindo Terminal Petikemas Lepas 500 Penumpang Mudik Gratis

Orang nomor satu di Polda Jatim ini juga mengatakan, ada korban meninggal kurang lebih 5000 jiwa pada tahun 2023 akibat kecelakaan lalulintas yang rata – rata disebabkan karena pelanggaran.

“Mudah-mudahan di tahun 2024 ini dengan kita selenggarakan operasi keselamatan, sebagai awal cipta kondisi menghadapi operasi ketupat Semeru nanti tahun 2024, menjelang pengamanan bulan puasa dan Idul fitri,” terang Kapolda Jatim

Kapolda Jatim berharap dengan terselenggaranya Operasi Keselamatan 2024 ini, dapat menurunkan angka kecelakaan lalulintas di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan di akhir Operasi nanti evaluasi bisa kita dapatkan maksimal,” tegasnya.

Baca Juga  Pj Gubernur Jatim Ikuti Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Lebih lanjut, Kapolda Jatim menegaskan, dalam operasi keselamatan ini pihaknya bersama stake holder terkait akan mengedepankan langkah-langkah preemtif dan preventif.

“Kita sosialisasikan secara masif, termasuk delapan sasaran itu yang paling utama, yang harus kita sasar adalah kelompok Milenial, tetapi warga masyarakat yang lain juga tidak kita abaikan,” pungkasnya

Sekedar diketahui, dalam gelaran apel tersebut juga dihadiri Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono dan perwakilan dari Kodam V Brawijaya, Satpol PP, serta seluruh dinas terkait

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE