Gubernur Jatim Dorong Guru Terus Berinovasi

Cetak Generasi Emas 2045

116

SURABAYA | SIGAP88 – Gubernur Jawatim, Khofifah Indar Parawansa, terus mendorong para guru di Jatim untuk meningkatkan inovasi, kreativitas, kompetensi dan profesionalismenya. Ini penting, karena guru berkontribusi besar dalam mencetak generasi bangsa khususnya menyambut generasi emas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ajakan sekaligus semangat itu disampaikan Khofifah bertepatan dengan peringatan Hari Guru Sedunia yang ditetapkan UNESCO setiap tanggal 5 Oktober.

Advertisement

“Kreativitas dan inovasi para guru sangat penting terutama di era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Dengan begitu, maka para guru akan mampu mencetak para generasi emas 2045 yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi,” kata Khofifah, Kamis (5/10/2023).

Sebagai informasi, tema besar yang diangkat pada peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2023 adalah The teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage. Artinya ‘Guru yang kita butuhkan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk membalikkan kekurangan guru.’

Baca Juga  Pemkot Surabaya Siap Sukseskan Pesta Demokrasi 2024

Khofifah mengatakan, sejalan dengan tema tersebut, maka para guru harus mampu beradaptasi terhadap tantangan global. Namun, yang tidak kalah penting, adalah pendidikan karakter termasuk di dalamnya menumbuhkan semangat nasionalisme kepada para siswa.

“Anak-anak Indonesia harus dibentuk menjadi anak-anak yang berilmu pengetahuan tinggi, menguasai teknologi, namun tanpa mengesampingkan pendidikan karakter kuat. Anak-anak harus berkeadaban tinggi , mengedepankan toleransi, serta menjunjung tinggi nasionalisme,” terangnya.

Baca Juga  Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Jombang Periode 2024-2027, Ini Pesan Pj Bupati Sugiat

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah menekankan pentingnya budaya Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi (IKI) harus terus ditanamkan sejak dini oleh para guru. Karena menurutnya hal tersebut akan membentuk generasi penerus bangsa yang mampu menjawab berbagai tantangan ke depan.

“Guru juga diharapkan mampu menjadi teladan bagi anak didiknya dalam membudayakan inisiatif, kolaborasi, dan inovasi atau IKI,” kata dia.

Dalam momen Hari Guru Sedunia ini, Khofifah juga mengajak seluruh pihak terus menghormati profesi guru. Menurutnya, guru adalah suri tauladan maka harus terus dihormati sebagaimana mestinya.

“Di hari Guru sedunia ini kita juga harus memberikan dukungan kepada guru, tidak merendahkan profesi guru karena mereka punya andil besar mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegasnya.

Baca Juga  12 Penerima Manfaat di UPT PSBR Pamekasan Berlatih Pola Dasar Membordir

Di akhir, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi dan penghormatan kepada para guru di Indonesia. Ia berharap ke depan kesejahteraan para guru di Indonesia terus meningkat.

“Banyak sekali guru yang berada di daerah-daerah terpencil yang dengan penuh pengorbanan dan keikhlasan memberikan pengabdiannya untuk anak-anak masa depan bangsa,” tuturnya.

“Selamat hari guru sedunia, terima kasih atas seluruh dedikasi terbaiknya, dan mari bersama-sama berjuang menjemput Indonesia emas 2045,” tutupnya. (red/rls/s8)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE