Amankan Natal dan Tahun Baru 2024, Polda Jatim Siapkan 13.034 Personel

224
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Surabaya | SIGAP88 – Polda Jatim menyiapkan sebanyak 13.034 personel gabungan pada pengaman Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menyampaikan, puluhan ribu personel yang akan melakukan pengamanan libur Nataru yakni anggota TNI – Polri, instansi pemerintah setempat dan relawan serta stakeholder yang ada.

“Para personel gabungan itu akan disebar di seluruh wilayah Jawa Timur yang tergabung dalam Operasi Lilin Semeru 2023-2024,” kata Dirmanto di Mapolda Jalan Ahmad Yani 116 Surabaya Jatim Senin (18/12)

Advertisement
Baca Juga  Kabar Duka, Syarifah Salma Istri Habib Luthfi bin Yahya Meninggal Dunia

Dirmanto menjelaskan, bahwa Operasi Lilin Semeru yang digelar oleh Polda Jatim bersama stakeholder di seluruh jajaran itu merupakan operasi kemanusiaan.

Pada Operasi Lilin Semeru, Polda Jatim mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas) pada masa libur akhir tahun dan dan awal tahun.

“Pada pelaksanaan Operasi Lilin Semeru ini aparat keamanan akan menjaga keamanan dan kenyamanan umat Nasrani yang menjalankan ibadah dan perayaan Natal,” terangnya

Komarudin dirlantas Polda Jatim
Kombes Pol Komarudin
Terpisah, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin selaku Kasatgas Opsda Operasi Lilin Semeru menjelaskan, pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 juga akan mendirikan 194 Pos.

Baca Juga  Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Koramil 0826-08 Palengaan Panen Raya Jagung

“Kami siapkan sebanyak 143 Pos Pengamanan, 42 Pos Pelayanan dan 9 Pos Terpadu,” kata Komarudin.

Pos-pos itu, sambung Komarudin akan didirikan pada titik yang memang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik setiap wilayah.

“Penempatan Pos-pos tersebut nantinya akan ditempatkan dibeberapa lokasi sesuai dengan kriteria, seperti tempat wisata, jalur penyeberangan dan tempat-tempat peribadatan,”jelasnya

Selain itu, mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini juga mengatakan ada beberapa potensi dan titik rawan, termasuk titik rawan bencana, titik rawan kemacetan, atau mobilisasi masyarakat pada pergantian tahun nanti.

Baca Juga  Kapolres Nganjuk Terima Piagam Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Diprediksi dari 107 juta pergerakan Masyarakat, Jawa Timur menempati ranking pertama, dengan perkiraan 17 persen dari seluruh pergerakan yang ada.

“Artinya bahwa akan ada peningkatan aktivitas kegiatan pada Nataru nantinya,”pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE