SUMENEP | SIGAP88 – Hari kelima Sub Pekan Imunisasi Polio (Sub PIN Polio) di Puskesmas Raas Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melebihi target

Hal itu lantaran hasil kerja keras dan dukungan semua pihak terutama masyarakat Kecamatan Raas, untuk pencapaian Imunisasi Polio di Puskesmas Ra’as

Kepala Puskesmas Raas H. Hermanto, M.Kes menyampaikan, pihaknya bersama tim berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan imunisasi kepada balita dan anak anak.

“Tim kami dari Puskesmas Raas bahu membahu memberikan edukasi kepada masyarakat agar anaknya dilakukan imunisasi polio,” kata Hermanto, Jumat(19/1)

Karena ungkap Hermanto, imunisasi polio merupakan imunisasi yang mampu memberikan rangsangan terhadap sistem kekebalan tubuh dari penyakit polio

Advertisement
Baca Juga  Babinsa Koramil 0826-05 dan Bhabinkamtibmas Polsek Larangan Sinergi Dukung Ketahanan Pangan di Desa Montok

“Vaksin polio dapat mengurangi risiko penularan, menurunkan tingkat penularan dari satu orang ke orang lainnya, mengurangi dampak berat atau komplikasi saat terserang virus polio,” jelasnya.

Hermanto menuturkan tentang keberhasilan capaian target yang di tentukan sebesar 3.311 itu merupakan hasil kerja semua pihak, baik petugas kesehatan dari Puskesmas Raas, para kader, tim penggerak PKK, Kepala Desa dan tokoh agama dan masyarakat.

“Alhamdulillah, atas kerja sama ini, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga, masyarakat sangat antusias untuk dilakukan vaksinasi polio terhadap anaknya,” tuturnya.

Baca Juga  DPRD Kabupaten Pamekasan Tetapkan Raperda APBD 2024 jadi Perda

Hermanto menjelaskan, jumlah sasaran yang akan dilakukan vaksin polio dari umur 0 – 7 tahun sebanyak 3821 anak target 95 persen sebanyak 3629, sedangkan capaian sampai tanggal 19 Januari 2024 atau hari kelima sebanyak 3945, sehingga mencapai 103 persen.

“Besok kami masih akan melakukan vaksinasi dan kemungkinan pencapaian 110 persen,” kata Hermanto optimis

Sementara, Kepala bidang (Kabid) P2P Dinas Pendidikan Sumenep, H. Samsuri menyampaikan terima kasih kepada semua tenaga kesehatan dan stakeholder yang lain yang telah mensukseskan program Sub PIN Polio.

“Saya mengapresiasi kinerja petugas kesehatan puskesmas Ra’as yang telah bekerja dengan baik sehingga program pemerintah berjalan sukses,” ucapnya.

Baca Juga  Sambut Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Polres Sumenep Gelar Donor Darah

Sebagai informasi, Sub PIN Polio secara serentak ini dilaksanakan selama dua putaran yakni putaran pertama pada tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua pada tanggal 19-25 Februari 2024.

Kegiatan Sub PIN Polio ini dilaksanakan berdasarkan surat dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : IM.02.03/Menkes/1051/2023 tanggal 29 Desember 2023 perihal Pelaksanaan Sub PIN dalam rangka Penanggulangan KLB Polio cVDPV2

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE