Sumenep | SIGAP88 – Setiap tahun Kabupaten Sumenep menggelar pesta rakyat yang di kemas dengan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang saat ini sudah berumur 754 tahun.

Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar kembali pesta rakyat yaitu Madura Night Vaganza 2023.

Anggota DPRD Sumenep dari fraksi Demokrat H. Masdawi mengomentari terkait pelaksanaan Madura Night Vaganza 2023, setiap kegiatan pesta rakyat yang diharapkan dampak perkembangan ekonomi masyarakat seperti UMKM.

“Yang diharapkan dalam kegiatan pesta rakyat (Madura Night Vaganza) adalah perkembangan ekonomi rakyat,” kata Masdawi.Kamis (26/19).

Bahkan, Masdawi sangat mendukung apabila setiap Kecamatan ada event khusus pesta rakyat Kabupaten Sumenep.

Advertisement
Baca Juga  Kecamatan Rubaru Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

“Dengan terselenggaranya pesta rakyat di setiap Kecamatan, semua lapisan masyarakat bisa menikmati event tersebut,” jelasnya

Dengan begitu akan terjadi pemerataan UMKM di lintas kecamatan tidak hanya menumpuk di kota Kabupaten saja. “Seandainya event tersebut sesuai dengan perencanaan awal, terlaksana di setiap Kecamatan nantinya akan berdampak kepada inflasi,” terangnya.

Jadi, bukan masyarakat kota saja yang bisa menikmati pesta rakyat, akan tetapi semua masyarakat pelosokpun akan tahu dan menikmati pesta rakyat atau hari jadi Kabupaten Sumenep.

Baca Juga  Debat Terbuka Pilkada Pamekasan 2024, Pasangan Muhammad Baqir Aminatullah-Taufadi Sampaikan Visi Misi

“Kedepan, pesta rakyat ini benar benar di nikmati oleh semua masyarakat Kabupaten Sumenep, karena kami yakin masyarakat pelosok tidak akan tahu bahwa bulan Oktober adalah hari jadi Kabupaten Sumenep,” imbuhnya.

“Kabupaten Sumenep yang mempunyai keragaman budaya, etnik dan kuliner, setidaknya pemerintah peka akan hal tersebut dengan menggelar event di setiap Kecamatan dan di promosikan di tingkat daerah, Regional, nasional maupun internasional,” harap Masdawi

Sementara itu Kepala Disbudporapar Sumenep Muhammad Iksan menyampaikan, pesta rakyat yang rencananya akan di laksanakan di setiap Kecamatan, saat ini dipusatkan di Kabupaten Sumenep yakni di stadion Giling.

Baca Juga  Bupati Sumenep Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui UMKM

“Pesta rakyat kami kemas dengan “Madura Night Vaganza” yang isinya adalah menampilkan potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Sumenep, khususnya disetiap kecamatan,” kata Muhammad Iksan.

Dalam pesta rakyat tersebut di setiap Kecamatan menampilkan kesenian yang dipunyai oleh setiap Kecamatan.

“Pesta rakyat terselenggara di lapangan Giling dan pawai prosesi budaya akan di gelar pada tanggal 28 Oktober 2023 di Kecamatan Kalianget,” imbuhnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE