Sumenep | Sigap88 – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, SE, M.Si bersama Angota DPRD komisi IV H. Masdawi meninjau peternakan sapi, perkembangan tanaman jagung dan pabrik silase di Kecamatan Lenteng, Ganding dan Kalianget. Jum’at (05/05).

Peninjauan bersama anggota dewan komisi-IV Kab. Sumenep Hasnawi, dan pemilik ternak H. Helmi didampingi Danramil 0827/08 Ganding Kapten Cpl Harry Prastowo dan Babinsa di wilayah Kecamatan Lenteng, Kecamatan Ganding dan Kecamatan Kalianget. Jum’at (5/5/2023).

Dandim 0827 Sumenep dan Anggita DPRD serta rombongan di kecamatan Lenteng meninjau perkembangan sapi dengan pola pakan silase. Selain itu, meninjau pengolahan pemanfaatan kotoran sapi untuk pupuk organik.

Baca Juga  Babinsa Koramil 0826-05 dan Bhabinkamtibmas Polsek Larangan Sinergi Dukung Ketahanan Pangan di Desa Montok

“Kita liat sendiri, sapi disini gemuk-gemuk artinya memang silase jagung kualitasnya bagus serta tahan lama jadi sangat cocok untuk ternak, kotorannya pun bisa digunakan pupuk di lahan jagung,” kata Dandim Donny.

Selanjutnya, Dandim meninjau perkembangan jagung di Desa Bataal Timur, Kecamatan Ganding di lahan milik Kis Hariyanto usia tanam 80 hari seluas lahan 2 Ha.

Advertisement

Pihaknya mengapresiasi pekembangan jagung untuk silase dikarenakan sesuai target yaitu batang, daun dan buahnya maksimal. Bahkan pemasaranya lebih baik dari pada pipil.

Baca Juga  Dampak Positif DBHCHT bagi Kamar Rawat Inap Standar di RSUD dr Moh Anwar Sumenep

“Dengan jagung yang sama saya yakin lebih untung silase, karena panen lebih cepat, lebih murah panennya dan harganya pun lumayan,” ungkapnya

Berkaitan pola tanam jagung silase, Dandim berharap masyarakat setempat, bisa memanfaatkan potensi lahan seperti di Ganding ini bisa dikembangkan untuk jagung silase.

“Kita bisa liat dengan pola tanam yang kita pakai sekarang hasilnya maksimal, karena di Sumenep sendiri mempunyai tradisi tanam jagung yang kuat, selain bibitnya bagus, kita juga terapkan pola tanam yang baik” imbuhnya

Sementara, H. Masdawi Anggota dewan Komisi IV Kab. Sumenep mengapresiasi kinerja Dandim Sumenep untuk meningkatkan ketahanan pangan di Sumenep.

Baca Juga  Plt Bupati Sumenep Ajak Maknai Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Simbol Pemersatu Bangsa

“Tujuan Dandim Sumenep ini untuk mensejahterakan petani, jadi harapannya para petani di Sumenep rubah mindset, ikut bergabung tanam jagung, kita dengar Dandim tadi usia tanam nya pendek, hasilnya pun maksimal, jadi bisa meningkatkan perekonomian masyarakat disini,” jelasnya

Pada kesempatan itu juga Letkol Donny bersama H. Hasnawo lanjut meninjau pabrik silase di Kertasada Kalianget untuk melihat prosesnya hingga pengemasannya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE