- Advertisement -spot_img

WCD Berikan Dampak Kepada Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan

Pamekasan | Sigap88 – Even World Cleanup Day (WCD) Pamekasan merupakan aksi Gotong royong yang di laksanakan oleh beberapa unsur baik Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Perhutani KPH Madura, semua relawan dan para siswa/i SMA di Bumi Gerbang Salam demi mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan agar terbebas dari sampah.

Aksi World Cleanup Day (WCD) dengan tema ‘Bersatu untuk Indonesia Bersih’ terlaksana di tempat Wisata The Legend Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, guna mendukung kelestarian alam yang bebas dari sampah sehingga tercipta kehidupan yang aman dan nyaman. Sabtu (25/9).

Ketua Peduli Mangrove Madura (KPMM) sekaligus ketua pelaksana, Endang Triwahyurini menyampaikan terimakasih kepada semua unsur dan relawan yang telah ikut serta mendukung pelaksanaan giat WCD dalam rangka Gotong Royong Terbesar sedunia untuk menjaga kelestarian alam dari ancaman sampah.

“Kegiatan WCD ini merupakan kegiatan bersih sampah sedunia yang diperingati secara serentak di seluruh dunia,” kata Endang.

Dirinya juga mengapresiasi para relawan serta pihak terkait yang mendukung penuh dalam pelaksanaan WCD. “Saya mengapresiasi terhadap mereka yang menjaga Bumi agar bersih dari segala bentuk yang mengotori lingkungan baik di sekitar pantai dan lingkungan lain,” jelasnya

Penanganan sampah kata Endang, diperlukan kolaborasi semua pihak walaupun pada hakekatnya sampah merupakan tanggung jawab kita semua.

Maka dari itu gerakan WCD ini mengajak kembali kepada semua elemin untuk aktif dalam penanganan sampah. “Sampah saat ini menjadi suatu trend sehingga perlu penanganan bersama,,,” ujarnya

“kita harus berperan penting dalam menangani sampah, diawali dari sampah keluarga yang harus memilah sampah dari rumah,” terangnya.

Lanjut Endang, kegiata saat ini ada tiga prioritas yang di laksanakan yaitu turun langsung kelapangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Selanjutnya, pilah sampah dari rumah, yang merupakan edukasi untuk memilah sampah baik sampah plastik maupun non plastik dari rumah, serta Cleanup Digital, membersih sampah secara manual

Sementara itu Kepala Desa Padelegan H Ibnu Fajar sebagai tuan rumah menyampaikan, kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah menunjuk tempat wisata The Legend sebagai tempat terlaksananya Iven WCD.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah dan segenap elemin untuk memberikan edukasi tentang kepedulian lingkungan sehingga Iven ini di gelar di Desa Kami,” kata H. Ibnu Fajar

Menurut Ibnu Fajar, Aksi ini merupakan aksi global yang mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi limbah padat dan sampah laut.

Untuk mendukung hal itu kata Kepala Desa Padelegan, telah stand by transportasi tiga roda yang selalu siap untuk mengangkut sampah pada tempat sampah yang telah tersedia.

“Para petugas sampah setiap hari selalu aktif membersihkan lingkungan dan sampah yang sudah terkumpul di angkut melalui roda tiga ke tempat pembuangan akhir (TPA),” terangnya.

Sehingga di mungkinkan wilayah Desa Padelegan dan tempat wisata The Legend akan bersih dari sampah. “Alhamdulillah masyarakat Desa Padelegan sadar arti kebersihan lingkungan sehingga penerapan Cleanup terlaksana dengan baik di Desa kami,,” jelasnya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal