- Advertisement -spot_img

Wapada Demam Berdarah Saat Musim Hujan

SIGAP88.COM – Wapada demam berdarah saat musim hujan, musim penghujan sudah mulai melanda di sebagian wilayah Indonesia, itu pertanda kita wajib waspada dengan penyakit Demam Berdarah. Sebab, awal musim hujan membuat banyak genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab Demam Berdarah.

Demam berdarah merupakan penyakit yang dapat menular dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes Aegypti atau nyamuk Demam Berdarah (DBD) memiliki perilaku menggigit pada pagi dan sore hari.

Penularan Demam Berdarah terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus ini, ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka virus akan menyebar dengan mudah.

Apabila mengalami Demam Berdarah harus cepat ditangani dengan tepat. Sebab apabila tidak ditangani dengan tepat akan berdampak fatal. Berikut ini merupakan tanda-tanda penyakit demam berdarah yang perlu diwaspadai saat musim hujan;
1. Alami demam tinggi mendadak hingga 40 derajat celsius.
2. Mual, muntah, mimisan, gusi berdarah.
3. Nyeri pada sendi, otot, dan tulang
4. Ruam kemerahan sekitar 2–5 hari setelah demam

Penderita demam berdarah wajib segera dibawa ke rumah sakit apabila mengalami demam 39 derajat selama 3 hari, napsu makan menurun, dan tidak mau minum sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Foging atau penyemprotan memang menjadi salah satu solusi, namun sesungguhnya hal tersebut bukanlah termasuk cara yang efektif mengatasi penyakit demam berdarah. Dikarenakan penyemprotan hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan telurnya akan menetas dan menjadi nyamuk di kemudian hari.

Penyakit Demam Berdarah tentunya dapat dicegah, untuk itu ada beberapa cara mudah yang dapat diterapkan guna terhindar dari penyakit ini, diantaranya;

Lakukan Gerakan 3M
Gerakan 3M merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan guna mengurangi dampak Demam Berdarah. Langkah 3M yang meliputi menutup, menguras dan mengubur benda- benda di sekitar yang dapat memicu berkembang biaknya nyamuk Demam Berdarah.

Penerangan yang Cukup
Berikan penerangan yang cukup pada setiap ruangan karena nyamuk lebih menyukai tempat yang minim cahaya. Dengan pencahayaan yang cukup dapat menghindari gigitan nyamuk penyebab Demam Berdarah.

Gunakan pakaian lengan Panjang
Menggunakan pakaian dan celana panjang cukup efektif guna menghindari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Hal ini dapat diterapkan kepada anak-anak karena rentan alami Demam Berdarah.

Jaga Stamina Tubuh
Kunci agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah salah satunya dengan menjaga stamina tubuh agar tidak mudah drop.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal