Solidaritas dan Kirim Doa Digelar Aliansi Wartawan Kediri Raya

70

KEDIRI, SIGAP88 – Gabungan Aliansi Media yang ada di Kediri Raya melakukan Aksi Damai Solidaritas terkait penembakan Pimred Media online lassernewstoday.com di depan TMP (Taman Makam Pahlawan) Joyoboyo jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Kediri, Kamis (24/6/2021).

Acara yang dimulai pukul 09.00 Wib, diawali dengan orasi Korlap aksi Nyoto Darmawan dari Media Bidik Nasional. Dalam orasinya Nyoto menyampaikan, mengutuk keras pelaku penembakan Mara Salem Harahap.

“Kami mengutuk keras penembakan yang menimpa rekan seprofesi kami yang berada di Sumut Pimred media online lassernewstoday.com Marasalem Harahap, kejadian itu terjadi pada, Sabtu (19/6/2021) dini hari,” tegas Nyoto.

Masih kata Nyoto, pelaku penembakan sudah diamankan Polda Sumatra Utara diharapkan kasus ini tidak menguap dan hukum dapat ditegakkan seadil-adilnya. Pekerjaan sebagai seorang jurnalis dilindungi Undang-Undang, sebagai seorang pewarta penyampai berita bukan binatang yang harus dibunuh dengan keji.

“Terima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah bekerja keras mengungkap kasus ini, mengungkap para preman dan mafia-mafia yang keji melakukan tindak kekerasan menghilangkan nyawa saudara kita yang ada disana,” tuturnya.

Harapan kepada Kapolri, khususnya Presiden Joko Widodo diharapkan untuk memperhatikan kasus ini, menghapus premanisme dan pungli. Tindakan tegas yang diinginkan untuk preman-preman dari warga sipil maupun yang berseragam harus diamankan dan dibrantas.

“Jangan tebang pilih. Karena preman berseragam lebih menakutkan, dibandingkan dengan preman yang bukan warga sipil karena mereka tidak bersenjata. Yang kita takutkan mereka yang bersenjata, ungkap semua premanisme di tubuh Polri, TNI, dan di seluruh dinas-dinas lainnya,” bebernya.

Setelah melakukan orasi dilanjutkan pembacaan puisi yang dibacakan Ardian Gembul dari media Independen. Dilanjutkan dengan menabur bunga dan pengumpulan id card jurnalis tanda turut berkabungnya Aliansi Media di Kediri.

Andri Asharianto dari Media Jatim Pos menyampaikan bela sungkawa sedalam dalamnya. Sebagai pernyataan sikap bersama, menyampaikan 5 sikap kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri sebagai berikut :

1. Mengutuk keras terhadap aksi kekerasan penembakan yang dialami Marasalim Harahap, dimana aksi kekerasan yang menghilangkan nyawa itu merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan dan melawan hukum.
 
2. Mendesak Polisi Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan membawa pelaku serta yang terlibat ke meja hijau, hukum harus ditegakkan tanpa terkecuali. 

3. Meminta Kapolda Sumatera Utara bersikap transparan dalam perkara pembunuhan rekan kami kepada Marasalim Harahap, agar tidak terjadi simpang siur informasi. 

4. Mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku tindak kekerasan terhadap rekan kami Marasalim Harahap. 

5. Meminta pihak Kepolisian Sumatera Utara khususnya Polres Pelabuhan Belawan meningkatkan rasa nyaman dan aman terhadap wartawan Medan Utara dalam menjalankan tugasnya wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Acara dikawal anggota Polres Kediri Kota, anggota Dandim 0908, Satpol PP Kota Kediri, berjalan dengan tertib dan lancar. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE