Sejahterakan Warga, Desa Manikrejo Realisasikan Air Sumur Bor

39

Pasuruan, Sigap88 – Program Desa Membangun yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Manikrejo, Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan, terus dijalankan.

Setelah gencar melakukan pembangunan saluran irigasi, kini warga desa Manikrejo juga sudah bisa menikmati aliran air bersih dari pengeboran yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) TA 2021.

Menurut Carik Manikrejo Imam Wahyudi, meskipun memakai alat pendeteksi, pengeboran yang dilakukan sangat memerlukan kesabaran dan ketelatenan. pasalnya, sebelumnya sempat berpindah pindah lokasi untuk menentukan titik air yang dianggap tepat.

“Ini perlu perjuangan pak. sudah beberapa kali kami bor dan ternyata sumber airnya kecil sehingga mencari lokasi lain. dan Alhamdulillah akhirnya menemukan sumber air yang begitu melimpah,” Terang Imam.

Menurut informasi warga setempat (Red- Halimah), sebelum ada sumur bor, ia mengaku bahwa tiga hari sekali baru bisa mandi, lantaran menghemat air yang dimilikinya.

“Alhamdulillah sekarang lancar dan kami sangat berterima kasih pada Bapak Kepala Desa Muhammad Nur Kholis. dulu sampai 3 hari tidak mandi dan setelah ada sumur bor, Alhamdulillah air didesa kami mencukupi,” Tuturnya.

Sumur Bor untuk mengaliri ke permukiman warga desa Manikrejo

Sementara, Kepala Desa Manikejo Muhammad Nur Kholis mengungkapkan, bahwa sebelumnya sudah ada saluran air yang mengaliri ke tiap rumah warga, namun tidak lancar, sehingga warga meminta ke desa untuk membuat sumur bor.

“Sebelumnya sudah ada aliran air khususnya air bersih yang mengaliri tiap rumah warga, namun tidak lancar, sehingga kami mengusulkan agar dilakukan pengeboran untuk membantu mengaliri ke tiap rumah warga,” Ungkap Kepala Desa Manikrejo, Muhammad Nur Kholis.

Lahan yang didominan oleh lahan pertanian, melebihi separoh dari lahan desa Manikrejo, ini menjadi prioritas dalam merealisasikan pengeboran, “Selain untuk kebutuhan warga sehari – hari, pengeboran ini juga untuk men- sejahterahkan warga khususnya dibidang pertanian,” Kata orang yang akrab disapa Nur Kholis itu.

Dengan adanya sumur bor yang sudah ada, Nur Kholis berharap kedepan, warga tidak lagi kekurangan air bersih. “Baik untuk kebutuhan hidup sehari – hari maupun kebutuhan disektor pertanian,” Tutupnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE