Sebanyak 177 Desa di Pamekasan Telah Realisasikan Pencairan DD Tahap Pertama

117

Pamekasan | Sigap88 – Sebanyak 177 Desa dari 178 Desa yang ada di Kabupaten Gerbang Salam (Pamekasan) telah merealisasikan pencairan dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2021.

Hal itu di sampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pamekasan Ach. Faisol saat di temui di ruang kerjanya oleh media Sigap88.com. Senin (28/6)

Dirinya menyampaikan bahwa, sebanyak 178 Desa yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur ada 177 Desa yang telah selesai mencairkan DD yang tahap pertama.

“Dari 178 Desa yang ada di Kabupaten Pamekasan cuma Satu Desa yang belum bisa mencairkan DD yaitu Desa Lesong Dejeh, karena belum di tetapkanya APBDes,” ungkap Kadis PMD Ach Faisol.

Menurutnya, DD sumber dananya dari APBN, jadi penyalurannya dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung ke Rekening Kas Desa (RKD).

“Untuk tahap pertama di proyeksikan kepada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan non BLT,” jelasnya.

Sedangkan untuk pencairan tahap ke II persyaratannya adalah serapan 50 persen untuk tahap pertama akumulasi satu Kabupaten dan pencapaian out put 35 persen.

Setidaknya, peran operator Desa sangat strategis dalam percepatan out put ke aplikasi Kementerian Keuangan. “Operator mempunyai peran penting untuk memberikan out put kepada Menteri Keuangan sebagai persyaratan pencairan DD tahap ke II,” terangnya.

“Semakin cepat kerja para operator Desa memenuhi persyaratan administrasi akan semakin cepat penyaluran DD tahap berikutnya,” tandasnya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE