Satpol PP Sumenep Laporkan Data Rokok Ilegal ke Bea Cukai lewat Aplikasi Siroleg

638
Kasatpol PP Sumenep, Achmad Laili Maulidy
Light Dark Dark Light

Sumenep | SIGAP88 – Satpol PP Sumenep, Madura, Jawa Timur telah memberikan data rokok ilegal di Kabupaten ujung timur Pulau Madura kepada Bea Cukai Madura melalui aplikasi Siroleg.

Hal itu guna ditindaklanjuti oleh Bea Cukai Madura dalam melakukan operasi tentang keberadaan rokok ilegal di wilayah Kabupaten Sumenep.

Advertisement

Kasatpol PP Sumenep Achmad Laili Maulidy menyampaikan, pihaknya telah melakukan pendataan tentang peredaran rokok ilegal dan telah melaporkan kepada Bea Cukai Madura

“Laporan tentang keberadaan rokok ilegal telah kami lakukan melalui aplikasi Siroleg kepada Bea Cukai Madura,” kata Kepala Achmad Laili, Selasa (10/10).

Baca Juga  Disabilitas Sumenep Terima Alat Bantu Pendengaran dari Dinsos Jatim

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sumenep ini mengatakan, pihaknya tidak punya kewenangan untuk melakukan operasi rokok ilegal.

Sesuai dengan Undang Undang Nomer 39 tahun 2007, pejabat Bea Cukai dalam melaksanakan ketentuan perundang undangan dapat meminta bantuan kepada kepolisian TNI atau instansi lainnya.

Jadi kata Laili, pihaknya hanya bisa membackup pejabat bea cukai saja.

“Kami tidak punya kewenangan untuk melakukan operasi, hanya mengamankan pejabat bea cukai saat melakukan operasi rokok ilegal,” jelasnya.

Baca Juga  Hadiri Pelantikan Ketua DPRD Jatim, Ini Pesan Gubernur Khofifah

Pendataan rokok ilegal sambung Laili dilakukan selama dua bulan, dengan sasarannya toko eceran yang ada di berbagai desa.

Kemudian pendataan tersebut sengaja dilakukan untuk mengetahui peredaran rokok ilegal di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

Termasuk, untuk mengetahui jenis rokok yang dipasarkan. Pendataan tersebut sudah selesai dilakukan, datanya juga sudah disetor ke kantor bea dan cukai melalui aplikasi Siroleg

“Kami mengajak kepada semua instansi bahkan kepada masyarakat untuk sama sama memberikan support agar di Kabupaten yang berjuluk kota keris ini dapat menekan peredaran rokok ilegal,” harap Laili.

Baca Juga  49 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun

Selain mendampingi pejabat bea cukai dalam melakukan operasi, pihaknya juga melakukan edukasi kepada masyarakat terutama kepada pemilik toko untuk tidak menjual rokok ilegal.

“Kami memberikan edukasi kepada pemilik toko bahwa, bagi yang menjual rokok ilegal akan mendapatkan sanksi pidana,” pungkasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE