RSUD Abuya Kangean Berencana Sediakan Oksigen Generator

196
RSUD Abuya Kangean Berencana Sediakan Oksigen Generator

SUMENEP | Sigap88.com – Demi pemenuhan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abuya Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur berencana menyediakan oksigen generator.

Oksigen generator merupakan alat atau mesin yang dapat menghasilkan oksigen O2 dengan tingkat kemurnian yang diinginkan. Cara kerja oksigen generator adalah dengan menyaring oksigen dari udara disekitarnya, memisahkan antara oksigen dan nitrogen dari udara.

Advertisement

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(P2KB) Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno, melalui kepala bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatanm menjelaskan, tahun 2024 ini kemungkinan RSUD Abuya Kangean akan mandiri memproduksi oksigen generator.

Baca Juga  Polres Pamekasan dan Kodim 0826 Gelar Bhakti Sosial dan Bhakti Kesehatan

“Nantinya oksigen generator ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen di RSUD Abuya Kangean dan puskesmas sekitar,” ungkap Kabid Sumber Daya Kesehatan Nur Insan. Rabu (10/01).

Menurutnya, ada perbedaan dengan oksigen yang di pakai di RSUD Dr Moh Anwar Sumenep, karena di RSUD Abuya memakai mesin.”Karena, kami tidak bisa mendatangkan cairan ke kepulauan Kangean. jadi kami memakai mesin,” jelasnya.

Baca Juga  Rekapitulasi Perhitungan Suara C1 Kecamatan Sapeken Berjalan Lancar

rsudDengan begitu, tidak akan ada lagi di kepulauan kesulitan oksigen. “Mesin tersebut nantinya bisa.memproduksi 10 tabung oksigen,” tegas Nur Insan.

“Di RSUD Abuya akan dijadikan tempat oksigen sentral, untuk memenuhi kebutuhan oksigen di sarana kesehatan di kepulauan,” tuturnya.

Disinggung dengan anggaran pengadaan mesin oksigen generator, Nur Insan menyampaikan, anggaran dari APBN sekitar Rp 4,8 milyar. “Semoga dengan realisasinya oksigen generator dapat mengatasi ketersediaan oksigen di kepulauan,” pungkasnya.

Baca Juga  Polres Sumenep bersama Kodim 0827 Gelar Patroli Skala Besar

Diketahui bahwa di tahun 2024 RSUD Abuya selain bantuan mesin oksigen generator, dapat kucuran dana untuk ruang rawat inap (Kris) Rp 3,75 milyar, sarana gedung instalasi pemeliharaan Rp 1,27 milyar, sarana gudang limbah Rp 0,79 milyar, sarana gudang laundre Rp 1,#9 milyar, Gedung PICU/NICU Rp 2,29 milyar, Rumdis 2 unit Rp 0,70 Milyar

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE