RKPDes Pragaan Laok Hasilkan Perencanaan Pembangunan Prioritas

151

Sumenep | SIGAP88 – Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 Desa Pragaan Laok Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menghasilkan beberapa prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2022.yang terselenggara di Balai Desa Pragaan Laok. Rabu (8/9).

Kepala Desa Pragaan Laok H. Moh. Mahdi, S.Pd menyampaikan, RKPDes merupakan langkah rembuk bersama dalam rangka perencanaan pembangunan prioritas yang akan di laksanakan pada tahun 2022.

“Setiap pembangunan harus di mulai dengan perencanaan dan melalui perencanaan akan melaksanakan dengan baik serta transparan,” kata Moh. Mahdi.

Lanjut Mahdi, perencanaan pembangunan setidaknya melalui proses musyawarah di setiap Dusun untuk mengusulkan di tingkat Desa.

“Pengusulan prioritas pembangunan di tahun 2022 ini merupakan lanjutan usulan pembangunan yang dilaksanakan di tahun 2021,” jelasnya.

Karena, pada anggaran tahun 2021 dana yang harus di alokasikan kepada pembangunan harus di refocusing untuk penanganan Covid-19.

“Di tengah Pandemi Covid-19 banyak dana yang seharusnya di alokasikan kepada pembangunan harus di alihkan kepada penanganan Covid-19,” ujarnya.

Kepala seksi PMD Kecamatan Pragaan Drs Moh. Hidayat menyampaikan, kegiatan musyawarah Desa tentang RKPDes harus di laksanakan guna menentukan pembangunan prioritas yang pelaksanaan di tahun 2022.

Pembangunan, kata Hidayat harus melalui proses perencanaan, sehingga pembangunan tersebut akan membuahkan keberhasilan dengan baik dan transparan.

Sesuai dengan peraturan Menteri Desa Nomer 21 tahun 2020 bahwa merupakan keharusan di lakukan RKPDes dalam menentukan rumusan pelaksanaan perencanaan pembangunan di tahun yang akan datang.

“Dalam RKPDes harus di bentuk tim yang beranggotakan 7 orang sebagai tim penyusun RKPDes,” ucap Hidayat

Sementara itu Kapolsek Prenduan AKP A. Supriyadi, SH mengimbau kepada masyarakat dan perangkat Desa Pragaan Laok agar dalam kesempatan Musdes RKPDes ini harus benar benar selektif dalam menentukan pembangunan di skala prioritas.

“Hendaknya semua masyarakat bertanggung jawa. Dalam pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan nanti setelah usulan skala prioritas di laksanakan,,” terangnya.

Bahkan, Priyadi sapaan Akrab Kapolsek Prenduan menegaskan agar semua masyarakat bukan hanya bertanggung jawab saat pelaksanaan pembangunan akan tetapi wajib menjaga pembangunan tersebut supaya awet dan nyaman di pakai.

“Masyarakat wajib mengawasi mengontrol agar pelaksanaan berjalan baik dan sesuai harapan,” tandasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE