- Advertisement -spot_img

Razia Knalpot Brong, Polres Trenggalek Amankan 61 Motor

ReporterElva

TRENGGALEK, SIGAP88 – Polres Trenggalek menindak pengguna knalpot bising (brong) sebanyak 61 kendaraan roda dua atau sepeda motor yang terjaring dalam razia knalpot brong, Jumat (29/10/2021).

Kepala Kepolisian Resor Trenggalek, Dwiasi Wiyatputera, menegaskan bahwa kota Trenggalek harus bersih dari penggunaan knalpot brong. Dwiasi menilai, penggunaan knalpot brong itu tidak sopan karena menganggu kenyamanan masyarakat. Selain itu, pengguna knalpot brong berbahaya karena pengendaranya seringkali memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi untuk menunjukan eksistensinya.

“Saya tegaskan, Trenggalek harus bebas dari penggunaan knalpot brong,” ujar Dwiasi

Razia knalpot brong sudah diadakan oleh Satlantas Polres Trenggalek sejak tiga minggu terakhir. Mereka bisa mengambil sepeda motornya setelah mengikuti sidang tilang dan mau mengganti knalpotnya dengan knlapot standar langsung di Mapolres Trenggalek.

Setelah mengganti knalpotnya para pemilik sepeda motor harus rela mengancurkan knlapot milik mereka sendiri. Perusakan knalpot itu bertujuan untuk menghindari penggunaan ulang setelah pulang dari kantor polisi.

Dwiasi menegaskan, ia akan menindak lebih tegas bagi siapa pun yang masih berani mencoba menggunakan knalpot brong di Trenggalek. Tidak hanya tindakan tilang karena melanggar Pasal 285 ayat (1) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pelanggar akan diminta mengembalikan sesuai standar dan mengahucurkan sindiri knalpot tersebut.

“Hal ini untuk menghindari sangkaan penyalahgunaan oleh anggota Polres Trenggalek,” imbuh Dwiasi.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra menjelaskan, Dari 61 Kenderaan roda dua yang diamankan, 21 diantaranya dikendarai oleh anak dibawah umur. Sehingga saat pengambilan kendaraan wajib didampingi oleh orang tua masing-masing dan dibuatkan surat pernyataan.

“Selain knalpot brong, rata-rata pelanggar juga tidak memiliki SIM dan tidak membawa surat kendaraan. Kemudian pelanggaran lainnya yaitu tidak menggunakan helm dan ban kendaraannya kecil,” jelas Meita.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal