PT Garsindo Sumenep, Jawab Keluhan Masyarakat

226

Sumenep | Sigap88 – Wilayah Madura merupakan sentra petani Garam, termasuk wilayah Kabupaten ujung timur Madura (Sumenep) banyak terbentang lahan tani garam dan banyak para petani garam menggantungkan ekonominya kepada Garam.

Saking melimpah ruahnya produksi garam petani maka, PT Garsindo Anugerah Sejahtera membuat terobosan dengan mendirikan pabrik Garam halus beryodium yang terletak di Desa Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur.

Saat tim sigap88.com berkunjung ke PT Garsindo Anugerah Sejahtera yang memproduksi garam halus beryodium di terima oleh perwakilan perusahaan yaitu Pak Ahmad (Matdewa)

Dirinya menyampaikan, pendirian pabrik garam halus beryodium sebelumnya telah melakukan konsultasi dengan Dinas terkait mengenai dampak lingkungannya.

“Demi menjaga dampak lingkungan kami telah memasang cerobong pembuangan asap, sehingga tidak akan mengganggu kebersihan udara di sekitar pabrik,” ungkap Ahmad. Sabtu (17/4(

Disampaikan pula oleh Ahmad bahwa dalam waktu dekat tindak lanjut dari adanya asap untuk emisi/tingkat polusi udara akan segera keluar dari Dinas terkait.

“Kemungkinan dalam bulan Mei 2021 ini bukti emisi akan segera keluar dari Dinas terkait,” ucapnya kepada warga setempat yang mengeluhkan adanya pencemaran udara.

Sebelumnya kata Ahmad, pihak perusahaan telah melakukan sosialisasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Kertasada yang dihadiri oleh PJ Agus beserta tokoh masyarakat.

“Dalam sosialisasi tersebut masyarakat telah sepakat dengan adanya Pabrik garam halus beryodium berdiri di wilayah Desa Kertasada dengan catatan tetap mengedepankan lingkungan dan kesejahteraan para petani garam,” ungkap Ahmad pula.

Sosialisasi yang di gelar oleh PT Garsindo di hadiri pula oleh Forpimka Kalianget dan pemerintah Desa dan tokoh masyarakat dan masyarakat menyetujui adanya Pabrik garam halus beryodium dan kesepakatan tersebut dibuktikan dengan penandatanganan oleh warga.

Sementara Kepala Desa Kalimo’ok menyampaikan, kami sebagai tetangga desa dari Desa Kertasada dan warga kami juga banyak yang petani garam sangat mendukung dan mengapresiasi sekali atas berdirinya pabrik garam halus beryodium oleh PT Garsindo.

“Kami berharap dengan adanya Pabrik garam halus beryodium dapat menyerap garam para petani juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat petani garam,” pungkasnya. (*/Ong)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE