- Advertisement -spot_img

Prajurit Yonzipur 10 Pasuruan Giat Latihan Taktis Amphibious Phontoon

Pasuruan, Sigap88 – Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad (Kasdivif) Brigadir Jenderal TNI Tjaturputra G. Genah,S.SOS., M.M., M.TR (HAN), meninjau langsung Latihan Taktis Amphibious Phontoon, Sabtu (20/11)21).

Peninjauan Latihan Taktis Amphibious Phontoon yang dilakukan di Sungai Ngotok Mojokerto, Jawa Timur itu, Brigadir Jenderal TNI Tjaturputra G. Genah, didampingi oleh Asops Kolonel Inf Daniel Lumbanraja dan Mayor Inf Syahrul Ramadhan Kasilat Divisi 2.

Dalam latihan ini, Yonzipur 10/JP/2 Kostrad melibatkan 90 orang prajurit, diantaranya adalah Pilot, Driver dan Operator yang mengoperasikan kendaraan M3 Amphibious Phontoon dan Kendaraan Pendukung Seperti Tatra, Pandur dan Found Trackway.

Brigjen Tjaturputra G. Genah, menutur bahwa latihan ini berlangsung selama 8 hari dengan tempat yang berbeda, yakni 3 hari di sungai tanpa arus tepatnya di Pasmar 2 Karangpilang Surabaya dan 5 hari di sungai berarus tepatnya di Sungai Ngotok, Mojokerto.

“Tujuan dari latihan ini tidak lain untuk peningkatan kemampuan mengusai kendaraan tersebut dengan metode praktek dan teori. Dengan begitu para prajurit harus mampu dan dapat menguasai alutsista M3 Amphibious Pontoon karna kedepan akan ada alutsista yang lebih canggih lagi,” Tuturnya.

Selain itu, kendaraan tempur yang digunakan dalam latihan, berupa M3 Amphibious Phontoon yang merupakan buatan perusahaan Excalibur International asal Ceko dan sudah mendapat lisensi dari General Dynamics European Land Combat Systems.

Fungsi utama dari alat ini, yakni sebagai alat penyeberangan kendaraan tempur dan pasukan di dalam peperangan, “Terdapat 8 unit kendaraan M3 Amphibious Phontoon yang digunakan dalam latihan ini dan jika disambungakan akan menjadi sebuah jembatan mencapai panjang 100 meter,” Jelas Brigjen Tjaturputra.

Sebelum melaksanakan penyambungan Jembatan langsung ke Sungai, Lanjutnya, “Seluruh personel melakukan manuver terlebih dahulu dengan tujuan pengenalan alat sehingga para personil mampu menguasai pengoperasian alat tersebut,” Pungkasnya. (Red)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal