- Advertisement -spot_img

Poktan Wanita Madurasa Tingkatkan Ekonomi Melalui Budidaya Jahe Merah

Pamekasan | Sigap88 – Kelompok Tani (Poktan) Wanita Madurasa Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan Jawa timur, melakukan langkah positif dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Budi daya Jahe Merah.

Sebanyak 20 orang yang tergabung dalam Poktan Wanita Madurasa, membudidaya Jahe Merah dengan teknis modern.

“Ada 20 orang yang tergabung dalam Poktan Wanita Madurasa mengikuti pemantapan materi di Rumah warga setempat. Terkait konservasi kehutanan, penguatan organisasi tani dan pola budidaya Jahe Merah dari beberapa pemateri,” ungkap Ketua Poktan Wanita Madurasa Hoyyimah kepada media.

Disampaikan oleh Hoyyimah, Budidaya Jahe Merah merupakan tanaman alternatif pengganti tanaman tembakau yang saat ini harganya tidak bersahabat. “Ini merupakan terobosan bagi para petani untuk lebih meningkatkan ekonomi di tengah merosotnya harga tembakau saat ini,” ucapnya.

“Tanaman Jahe Merah sangat praktisi dan mudah serta tidak membutuhkan biaya besar,” jelasnya.

Lanjut Hoyyimah, hasil panen Jahe Merah dapat di jual ke pabrikan yang membutuhkan bahan baku di tengah Pandemi Covid-19.

Maka, Pemerintah Desa Bulangan Haji mendukung penuh kreatifitas warganya yang tergabung dalam Poktan Wanita Madurasa.

Dukungan tersebut dengan menjadikan salah satu komoditas unggulan Desa yaitu sebagai Desa Tematik.

“Saya mengapresiasi sekali atas kreatifitas para Wanta Madurasa dengan mengembangkan usaha budidaya Jahe Merah untuk meningkatkan ekonomi,” ungkap Kepala Desa Bulangan Haji Akhmad Zaini.

Akhmad Zaini berharap, kreatifitas yang di tunjukkan oleh Poktan Wanita Madurasa bisa juga di kembangkan oleh para petani di Desa Bulangan Haji agar mampu memberikan peningkatan ekonomi ldi tengah Pandemi Covid-19.

“Dengan beralihnya para petani dari tanaman Tembakau ke Jahe Merah dapat meningkatkan ekonominya,” jelasnya.

Karena, pola tanam Jahe Merah dengan cara modern ini lebih efektif dan mudah dilakukan oleh para wanita. Sebab ditanam dalam media tanam polibag dengan bibit unggul standart pabrik, sehingga hasil optimal dengan luasan lahan kecil dibawah tegakan pohon di sekitar rumah.

Dukungan tidak hanya oleh Pemerintah Desa setempat, bahkan Camat Pengantenan Benny Hendriyanto juga sangat mendukung kreatifitas para Wanita Madurasa dengan hadir langsung ke lokasi.

“Dukungan juga datang dari Perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Wilayah Sumenep, Penyuluh Kehutanan setempat, Ketua PKSM Arek Lancor Pamekasan dan Ketua Gabungan Poktanhut Pegantenan dengan memberikan sosialisasi kepada Poktan Wanita Madurasa,” tukasnya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img