PLT Camat Kangayan Buka Rakor Pembentukan Panitia Pilkades

160

Sumenep | Sigap88 – Pelaksana tugas (Plt) Camat Kangayan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur, Nurullah, SH menghadiri Rapat Kordinasi pembentukan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Cangkramaan dan Desa Saobi. Kamis (1/4/2021).

Plt Camat Nurullah menyampaikan kepada media Sigap88, dalam rangka pelaksanaan Pilkades yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan dilaksanakan pada 8 Juli 2021 maka Desa Saobi dan Desa Cangkramaan menggelar Rakor Pembentukan panitia Pilkades.

“Ada dua Desa yang ada di Kecamatan Kangayan akan menggelar pesta Demokrasi (Pilkades) yaitu Desa Saobi dan Desa Cangkramaan,” kata Camat Nurullah.

Dijelaskan oleh Plt Nurullah, untuk melaksanakan Pilkades terlebih dahulu diadakan pembentukan Panitia, yang diatur dalam Peraturan Bupati Nomer 15 tahun 2021
Pasal 68 e.

“Pasal 68 e ayat (1) diterangkan bahwa, dalam kondisi bencana Covid-19 jumlah anggota panitia pemilihan,seperti yang termaktub dalam pasal 13 ayat (1) adalah dari unsur relawan desa, aman Covid-19, yang memiliki kemampuan di bidang kesehatan,” kata Nurullah.

Sedangkan dalam ayat (2) disebutkan, dalam kondisi bencana Covid-19 jumlah anggota panitia sesuai dengan yang di maksud dalam pasal 13 ayat (2) di atur sesuai hak pilih.

“Hak pilih dari 1 sampai 2000 paling banyak 3 orang anggota, dari 2001 sampai 4000 paling banyak 5 orang anggota, dan dari 4001 sampai 6000 paling banyak 7 orang anggota,” jelasnya.

Lanjut Nurullah, dalam pasal 3 di jelaskan pula bahwasanya panitia pemilihan sesuai yang di maksud dalam ayat (1) di bantu oleh KPPS untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Dari hasil Rakor diputuskan bahwa Ketua Panitia Pilkades Desa Saobi Mohammad Iqbal sedangkan Ketua Panitia Pilkades Cangkramaan Samsuri,” terang Plt Nurullah.

Nurullah berharap setelah selesainya pembentukan kepanitiaan Pilkades di Desa Saobi dan Cangkramaan, tahapan Pilkades sampai pelaksanaan berjalan lancar dan aman. “Kami harap dukungan semua pihak terutama tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dapat berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi Pilkades,” pungkasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE