Pilkades Serentak di Kabupaten Sumenep Bakal Digelar Pertengahan Juli

322

Sumenep | Sigap88 – Ajang pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten ujung timur Madura (Sumenep) bakal di helat pada pertengahan Juli 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh Ramli menyampaikan dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Ruang Rapat Graha Ariawiraraja lantai II. Selasa, (23/3/2021).

“Rapat kordinasi untuk menyamakan persepsi. Mengenai pelaksanaan Pilkades serentak yang rencananya akan di helat pada pertengahan Juli,” kata Kadis PMD Ramli.

Mengenai tanggal dan harinya, kata Moh Ramli tidak bisa melegalkan sekarang karena belum ada ketetapan dari Bupati.

Maka hasil rapat ini bisa dilanjutkan oleh Pejabat sementara (PJ) untuk melakukan sosialisasi di tingkat Desa. “PJ bisa memberikan sosialisasi di tingkat desanya mengenai waktu dan tempat pelaksanaan Pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku,” terangnya.

Mantan Kadis Sosial Sumenep ini menjelaskan, setelah ini Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat segera membentuk kepanitiaan Pilkades dan melakukan bimbingan teknis kepada panitia yang terbentuk.

“Secara teknis pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan setiap Dusun, dengan kapasitas 509 hak pilih, namun apabila dalam satu dusun melebihi dari 500 hak pilih maka di mungkinkan ada penambahan Tempat pemungutan suara (TPS),” ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil penghitungan yang dilakukan di TPS nantinya akan dilakukan rekapitulasi di sekretariat.

Dirinya berharap, pelaksanaan Pilkades serentak yang jumlahnya 86 Desa se Kabupaten Sumenep bisa terlaksana dengan baik lancar dan aman. “Kami berharap dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

Hadir dalam pelaksanaan Rakor Pilkades Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah, Forkopimda, OPD terkait, Forpimka dan PJ beserta BPD, Desa yang akan melaksanakan Pilkades. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE